Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan: Kami Tidak Butuh Pulau, Kami Butuh Laut

Pemuda Maritim - Nelayan yang melakukan unjuk rasa di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak pembangunan pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Nelayan menyatakan, mereka menginginkan laut normal tanpa pembangunan pulau.

"Saya tekankan nelayan tidak butuh pulau, nelayan butuh laut," kata Yudi Zakaria, selaku Sekretaris Forum Kerukunan Masyarakat Nelayan Muara Angke Bergerak, saat orasi di depan PTUN Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Yudi menyatakan, reklamasi Pulau G sudah membuat pendapatan nelayan berkurang. Dalam orasinya ia bercerita dahulu dari hasil laut bisa memberangkatkan orangtuanya haji.

"Pada saat sekarang jangankan untuk haji, untuk makan serhari-hari saja sudah tidak bisa menikmati," ujar Yudi.

Yudi menceritakan pula, dahulu nelayan Teluk Jakarta bebas menaruh jaring di mana pun. Namun, setelah adanya reklamasi, lanjut dia, kawasan seperti PIK, Muara Angke, Cilincing, jadi lokasi yang sulit untuk melaut.

"Saya berharap dengan rasa senasib kita bersatu terus tolak reklamasi," ujar Yudi. (Baca: Rizal Ramli: Reklamasi Jakarta Jadi Contoh Pembangunan Ekonomi yang Disetir Swasta)

Siti Rahmah (43), nelayan Jakarta Utara dalam aksi ini mengatakan, nelayan saat ini mengalami kesulitan dalam akses melaut karena reklamasi.

"Sekarang kalau mau ke tempat pelelangan ikan (Muara Angke), kalau dulu tinggal lurus sekarang harus mutar 1 jam," ujar Siti.

Ini menurutnya menyulitkan nelayan. "Mohon pakai hati, ini membuat susah dan membunuh nelayan," katanya lagi.
Sumber : kompas.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply