Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » Nelayan Lampung Timur Gelar Syukuran Laut

Pemuda Maritim - Para nelayan beserta warga pesisir di Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung menggelar acara Tasyakuran Laut atau yang biasa mereka sebut Nadran.

Selain untuk melestarikan budaya turun-temurun, Nadran dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur para nelayan kepada Tuhan atas hasil tangkapan mereka yang melimpah dan dapat mereka nikmati selama ini.

Nadran pada tahun 2016 ini adalah yang ke-34 kalinya digelar di Kecamatan Labuhan Maringgai. Ketua Pelaksana Nadran di Kecamatan Labuhan Maringgai, Haryanto mengungkapkan bahwa saat ini tradisi Nadran hampir punah dan perlu dilestarikan.

“Kegiatan Nadran selalu digelar setiap tahun oleh nelayan di sini untuk melestarikan budaya Nadran yang hampir punah,” ujar Haryanto saat acara Nadran di Kecamatan Labuhan Maringgai, Rabu (27/4).

Rangkaian kegiatan Nadran diisi dengan pergelaran Tari Melinting dan pelepasan secara simbolis kapal yang telah dihias ke laut sebagai tanda dimulainya kegiatan Nadran. Acara ini disaksikan oleh lebih dari seribu orang nelayan setempat.

Dalam kegiatan Nadran, para nelayan juga diberikan kelengkapan surat motor (Pas Kecil) gratis yang dibagikan kepada 30 nelayan. Pas Kecil ini diserahkan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Lampung Timur.

Turut hadir pada acara tersebut Dirpolair Polda Lampung Kombes Rudi Hermanto, Ketua DPD HNSI Provinsi Lampung, Ketua DPC HNSI Lampung Timur, Kadis Kelautan dan Perikanan Lampung Timur Usman Efendi, Camat Labuhan Maringgai Mucholis, dan pejabat Lampung Timur lainnya.
Sumber : kkp.go.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply