Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Sekolah Pesisir Berbasis Program Beasiswa



Pemuda Maritim - Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki sumberdaya yang berlimpah di berbagaiaspek baikitu dari segi budaya, manusia, alam, dll. Sumberdaya alam ini menjadi kekuatan besaru ntuk bangsa dalam meningkatkan pembangunan nasional. Saat ini, pemerintah memprioritaskan pemanfaatan sumberdaya alam di zona laut .Laut Indonesia sangat luas sehingga Indonesia menobatkan sebagai Negara maritim. Pulau yang luas dengan berbaga ikekayaan alam tentunya berdampak positif kepada masyarakat, khususnya kepada masyarakat pesisir yang berada dipulau-pulau.

Pemerintah Indonesia telah menerapkan Hari Ikan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tehadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi. Selain itu, penetapan Hari Ikan Nasional juga dilakukan sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlud imanfaatkan secara optimal namun tetap berprinsip pada kelestarian alam.

Berlandas dengan logo yang dibuat terhadap HariIkanNasional, yang berbentuk siluet ikan danmanusia sebagai jati diri bangsa Indonesia ditetapkan melalui keputusan Menteri Kelautandan Perikanannomor 70 Tahun 2014. Logo tersebut diartikan untuk perikanan Indonesia dapat membawa kemandirian dan kedaulatan serta akan membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi bangsa Indonesia. Hal ini tidak selaras denganapa yang diinginkan oleh pemerintah dan sangat jauh dari perkiraan, banyak keluarga nelayan tidak mendapatkan kesejahteraan secara penuh. Salah satu contohnya yaitu seorang anak nelayan yang memutuskan untuk putus sekolah dengan alasan biaya, padahal pemerintah secara jelas mempublikasikan tentang kesejahteraan masyarakat pesisir.

Keresahan ini menjadi tolak ukur pemerintah dalam pemerataan kesejahteraan masyarakatnya. Kurangnya perhatian pemerintah terhadap tingkat kesejahteraan berdampak besar terhadapa anak-anak bangsa yang hidup dipesisir. Seharusnya mereka mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak-anak lain, meneruskan mimpi besar untuk mebangun negeri ini. Akan tetapi mereka hanya menggantungkan cita-citanya diatas pasir kelahirannya atau dengan kata lain mereka hanya menjadi penerus orang tuanya sebagai seorang nelayan.

Keterpurukan generasi bangsa menjadi tantangan besar untuk bangsa ini. Maka perlunya program-program yang khusus menangani dana bantuan pendidikan kepada anak-anak yang kurang sejahtera diwilayah pesisir. Bantuan khusus ini akan menjadi masa depan anak-anak nelayan dalam melanjutkan masa depannya. Alasan utamanya yaitu pemerintah kurang memperhatikan pemerataan bantuan beasiswa kepada anak bangsa. Sehingga banyak diantara merekam enjadi korban tulang punggung untuk keluaraganya. Padahal  jenjang yang harus diahadapi adalah masa pendidikan yang baik dan berkuaklitas.



Oleh: Sry Wahyuni ( Mahasiswi Pendidikan Matematika, Universitas Tadulako)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply