Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Tak Ada Bantuan Bagi Nelayan yang Mengalami Kecelakaan Laut

Pemuda Maritim - Forum Nelayan (Fornel) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengeluhkan tak adanya bantuan bagi nelayan yang mengalami kecelakaan atau musibah lain di laut dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

Koordinator Fornel, Sholihul Huda, menyampaikan, beberapa tahun silam dinas terkait sangat responsif jika ada nelayan yang mengalami kecelakaan laut. Tapi kondisi itu sudah berubah.

“Padahal bantuan itu sebenarnya sangat dibutuhkan nelayan,” ujar Sholihul, dihadapan Komisi B DPRD Kabupaten Jepara saat audiensi, Selasa (10/5/2016).

Utadi, salah satu nelayan Kelurahan Ujungbatu, Kabupaten Jepara, mengamini pernyataan tersebut. Menurut dia, bantuan dari pemerintah memang sudah tidak ada.

“Kalau dari dinas-dinas sepengetahuan saya tidak ada bantuan untuk nelayan,” kata Utadi, saat ditemui di kampung nelayan Ujungbatu, Rabu (11/5/2016).

Terpisah, menanggapi hal tersebut Kepala DKP Kabupaten Jepara, Achid Setiawan, menyatakan, saat ini di dinasnya memang tidak ada anggaran untuk nelayan yang mengalami kecelakaan di laut. Selama ini, bantuan dari pusat maupun provinsi untuk kelautan maupun perikanan dialokasikan ke infrastrukur dan barang.

“Jika dipaksa memberikan bantuan, maka regulasinya sangat banyak yang harus dilalui. Untuk bantuan korban laka laut memang tidak ada,”  terang Achid.

Sementara itu, Asisten II Bupati Jepara, Edy Sujatmiko, menambahkan, jika ada nelayan yang mengalami kecelakaan laut, disarankan untuk meminta bantuan kepada bupati. Sebab bantuan semacam itu ada di  Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

“Ajukan saja ke bupati, biar nanti bupati melanjutkan ke BPBD. Sebab hanya instansi tersebut yang memungkinkan pengucuran anggaran yang sifatnya mendadak,” imbuh Edy.
Sumber : jateng.metrotvnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply