Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Tiga Tim Mahasiswa UI Ikuti Lomba Kapal Maritim di Belanda, Swiss dan Amerika

Pemuda Maritim - Universitas Indonesia (UI) akan mengirimkan tiga tim mahasiswa mereka, untuk mengikuti ajang lomba internasional bertema maritim di 3 negara yakni Belanda, Swiss dan Amerika Serikat, dalam tiga waktu berbeda mulai Mei sampai Juli 2016 ini.

Ketiga tim yang dikirim ini, merupakan tim pembuat kapal inovasi, dimana sebagian besar dari mereka merupakan mahasiswa program studi Teknik Perkapalan Fakultas Teknik UI (FTUI).

Tiga tim tersebut adalah Solar Boat Team (SBT), Hydros Team (HT) dan Autonomous Marine Vehicle Team (AMV).

Kepala Kantor Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, menuturkan ketiga tim mahasiswa UI tersebut mewakili Indonesia pada ajang perlombaan internasional bertemakan maritim di 3 negara di tiga waktu berbeda tersebut.

Ia menjelaskan Solar Boat Team (SBT) akan mengikuti ajang kompetisi Internasional Dutch Solar Challenge yang diselenggarakan oleh Dutch Solar Challenge di Belanda pada akhir Mei sampai Juni 2016.

Kompetisi ini mengangkat tema panel surya sebagai tenaga alternatif penggerak kapal yang ramah lingkungan.

Sementara Hydros Team (HT) akan mengikuti kompetisi Internasional Hydrocontest 2016 yang diselenggarakan oleh Hydro’s Foundation di Swiss pada tanggal 24 Juli sampai 31 Juli 2016.

"Lomba ini mengangkat tema efisiensi energi hull kapal," kata Rifelly.

Sedangkan untuk Autonomous Marine Vehicle Team (AMVT) akan mengikuti AUVSI Roboboat Competition 2016 yang digelar Association for Unmanned Vehicle System International (AUVSI) Foundation pada tanggal 4 Juli sampai 10 Juli 2016 di Founders Inn and Spa, Virginia Beach- USA.

Keunggulan Kapal Bawah laut yang dibuat AMVT ini, kata Rifelly, adalah teknologi tanpa awak yang dapat digunakan untuk mitigasi bencana dan kecelakaan untuk meminimalisir korban atau puing kapal akibat kecelakaan masuk ke dalam laut.

Sebelum diberangkatkan, kata Rifelly, tiga tim mahasiswa yang akan mengikuti lomba ini akan diperkenalkan kepada media sekaligus juga diluncurkan dan diperkenalkannya kapal inovasi buatan mereka.

SUmber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply