Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Tol Laut Trayek 5 Resmi Beroperasi

Pemuda Maritim - Trayek lima yang merupakan salah satu program tol laut Pemerintahan Jokowi-JK untuk rute pelayaran Makasar-Tahuna-Lirung-Morotai-Tobelo-Ternate-Babang (PP) resmi dioperasikan dengan jadwal dua kali dalam sebulan.

"Sejumlah kapal seperti KM Caraka Jaya Niaga III-32 dengan bobot 3.257 GT dan panjang 99 meter dengan kapasitas 100 kontainer ini, diterima oleh Bupati Halmahera Utara Frans Manery bersama unsur Forkopimda di Pelabuhan Tobelo," kata Kepala PT Pelni Ternate, A. Sadikin, di Ternate, Selasa (24/5).

Dia mengatakan, keberadaan kapal ini merupakan kerja keras dari Pemkab Halmahera Utara, setelah pelabuhan Tobelo diresmikan oleh Presiden Jokowi sehingga kapal tol laut bisa sandar di pelabuhan itu. "Ini karena Bupati Frans Manery meminta kepada presiden agar segera difungsikan tol laut ke Halut," katanya.

Menurut A. Sadikin, ada enam trayek kapal tol laut yang ditetapkan pemerintah dan PT Pelni ditunjuk untuk menyelenggarakan angkutan laut bersubsidi ini. "Penugasan pemerintah melalui Perpres kepada PT Pelni ini tujuannya melancarkan distribusi barang, sehingga dapat membantu upaya pemerintah mengurangi disparitas harga antarwilayah Barat dan Timur," katanya.

Dia optimistis, program tol laut tersebut bisa mendongkrak ekonomi di kabupaten Halmahera Utara menjadi lebih baik.

Bupati Halmahera Utara Frans Manery berharap program tol laut ini dapat mendongrak laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur dan di Indonesia pada umumnya. "Tol Laut akan memberikan kelancaran distribusi bahan pokok untuk masyarakat Halmahera Utara, sehingga dapat meningkatkan perekonomian rakyat," kata Bupati Frans Manery.

Selain itu, semua harga bahan kebutuhan masyarakat pasti akan mengalami penurunan, sehingga, daya beli masyarakat meningkat. "Tetapi akan dilakukan evaluasi lagi, kalau barang masih mahal pasti ada yang salah," katanya.

Bupati mengakui, kehadiran kapal tol laut merupakan janji Presiden Jokowi saat berkunjung di Halmahera Utara, beberapa waktu lalu. "Saat itu, di rumah makan Galela, saya bilang Presiden, setelah diresmikan pelabuhan Tobelo, kapan tol laut dioperasikan, dan hari ini buktinya," katanya.

Frans berharap masyarakat dapat menjaga ketertiban dan keamanan sehingga daerah ini menjadi kondusif sehingga investor pun semakin banyak yang masuk. Ia menambahkan, pemerintah dan masyarakat Halmahera Utara menyampaikan terima kasih kepada Presiden dan Wapres yang sudah merealisasikan program Tol Laut di Tobelo.
Sumber : nasional.republika.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply