Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Ambisius, China Bakal Bangun 'Dunia' 3.000 Meter di Dasar Laut

Pemuda Maritim - Bisa dibilang kalau China adalah salah satu negara paling ambisius yang ada di dunia ini. Sudah banyak bangunan-bangunan megah dan futuristik yang dibangun di China. Seolah kurang, kini China tengah berencana untuk membangun laboratorium di dasar Laut China Selatan. Wew, untuk apa?

Merupakan rencana Kementrian Ilmu Pengetahuan China, laboratorium itu nantinya bisa digunakan untuk mencari mineral di kedalman lautan. Tak main-main, laboratorium itu akan berada pada titik 3.000 meter di bawah permukaan laut! Bukan sekedar isapan jempol, proyek ambisius ini sudah dirilis Maret 2016 dan masuk dalam rencana ekonomi lima tahunan. Laboratorium bawah laut ini juga masuk dalam posisi kedua dalam daftar 100 proyek prioritas sains dan teknologi.

"Selama ini stasiun yang bisa dihuni dalam waktu yang lama belum pernah dicoba sedalam ini. Namun hal itu sangat mungkin diwujudkan. Kapal selam berawak sudah bisa masuk ke kedalaman itu selama hampir 50 tahun terakhir. Tantangannya adalah bagaimana mengoperasikan laboratorium itu secara terus-menerus dari dasar lautan," papar Bryan Clark dari Pusat Penilaian Strategis dan Anggaran (CSBA) kepada Bloomberg.

Meski sudah masuk daftar prioritas, ternyata belum ada rincian lagi soal proyek itu. Lebih lanjut, detail mengenai jadwal pembangunan, cetak biru bangunan atau biaya dan lokasi laboratorium masih jadi hal yang misterius, seperti dilansir Shanghaiist.

Semenjak kepemimpinan Presiden Xi Jinping, China memang memandang Laut China Selatan sebagai area yang sangat penting. Jadi salah satu rute kapal tersibuk di dunia, China menyebut kalau 80% kawasan itu adalah milik mereka. Bukan hanya laboratorium bawah laut, China juga merancang jaringan sensor 'Tembok Besar di Bawah Laut' untuk mendeteksi kapal-kapal selam Amerika dan Rusia.

"Mengembangkan lautan adalah strategi penting pemerintah China. Tapi stasiun laut dalam tidak dirancang untuk mengancam negara lain. Proyek ini murni untuk kebutuhan sipil tapi kami tak mengabaikan jika proyek ini akan punya beberapa fungsi militer," ungkap Xu Liping, peneliti senior Akademi Ilmu Sosial China. Hmm, gimana menurutmu soal proyek ambisius China ini?
Sumber : kapanlagi.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply