Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Dulu Rp17 Ribu, Rumput Laut di Wajo Kini Cuma Rp6 Ribu. Kasihan Petaninya

Pemuda Maritim - Masyarakat petani rumput laut mendesak pemerintah Kabupaten Wajo memberi solusi bagi mereka. Pasalnya sudah dua tahun terakhir harga jual rumput laut di Kelurahan Akkajeng, Kecamatan Sajoanging, Kabupaten Wajo, tak kunjung meningkat.

Informasi yang dihimpun Rakyatku.com dari sejumlah petani rumput laut, sejak dua tahun terakhir harga jual rumput laut tak kunjung meningkat. Karena harga sebelumnya mencapai Rp16 hingga Rp17 ribu. Kini hanya berkisar Rp7 ribu rupiah per kilogram.

Terpuruknya harga rumput laut dianggap perlu menjadi perhatian pemerintah. Ada kecurigaan para petani, kondisi itu adalah permainan pedagang. Pasalnya harga rumput laut di luar negeri terus meningkat. Bahkan sudah mencapai Rp22 hingga Rp25 ribu rupiah per kilogram. 

"Ini sudah dua tahun. Kenapa malah harga rumput laut di Wajo tidak naik-naik harganya. Kami berharap pemerintah dapat memberi solusi pada masyarakat yang menggantungkan hidup di perairan," terang Nasir, salah satu petani rumput laut kepada Rakyatku.com, kemarin.

Menurut Nasir, kondisi itu diperparah dengan bantuan pemerintah yang ridak tepat sasaran. "Kami terus terpuruk karena utang produksi," keluhnya.
Sumber : news.rakyatku.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply