Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Gelombang Capai 4,5 Meter, Nelayan Bengkulu Nekat Melaut

Pemuda Maritim - Puluhan nelayan Bengkulu tetap melaut meski gelombang tinggi tengah terjadi di wilayahnya. Ketinggian gelombang di perairan Bengkulu-Enggano dan Samudera Hindia mulai 2-4,5 meter.

Dayat (45), salah satu nelayan Pantai Jakat, Kecamatan Teluk Segara, menuturkan bahwa hasil tangkapan ikan sejak dua pekan terakhir merosot.

“Biasanya kami dapat ikan 20-30 kg. Tapi sekarang hanya 10 kg saja, itupun ikannya kecil-kecil,” kata Dayat, Jumat (10/6/2016).

Hal serupa juga terjadi bagi para nelayan Pantai Malabero Kecamatan Teluk Segara. Kadir (50), nelayan setempat mengatakan, modal untuk sekali melaut mencapai Rp700 ribu, sementara hasil tangkapan ikan saat ini hanya Rp200-RP300 ribu.

Meski melaut mengeluarkan biata tak sedikit, Kidir tetap melaut dari subuh hingga pukul sekira 09.01 WIB. Terbatasnya wakut lantaran gelombang tinggi. ”Kita terpaksa melaut karena pekerjaan lain tidak ada,” jelas Kidir.

Sementara itu, stasiun Meteorologi Kelas III Fatmawati Soekarno Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, pada hari ini, Jumat (10/6/2016) mengeluarkan peringatan dini terkait tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu hingga Enggano dan samudera hindia barat Bengkulu dari 2,0 meter hingga 4,5 meter.

“Kita minta nelayan di Bengkulu tetap waspada terhadap tinggi gelombang di perairan Bengkulu,” ujar prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas III Fatmawati Soekarno BMKG Bengkulu, Winda Ayu Kusumawati.

Winda mengatakan, 10 kabupaten dan kota di Bengkulu diprediksi bakal dilanda hujan dengan intensitas ringan pada sore dan malam hari. Sementara, angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan angin 03 - 27 Km per jam atau 05-15 Knots.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply