Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Gelombang Tinggi, Nelayan Mengeluh

Pemuda Maritim - Sudah sepekan lebih, nelayan di Kelurahan Bandengan Kota Kendal enggan melaut. Mereka memilih menambatkan perahunya di dermaga. Jikapun nekad melaut, sudah dipastikan akan mengalami kerugian karena hasil tangkapan sedikit.

Kondisi ini diakibatkan gelombang laut di perairan Kendal cukup tinggi mencapai hampir tiga meter. Nelayan yang tetap melaut, hanya mencari ikan di sekitar pantai sehingga tangkapan sedikit. Nelayan mengaku hasil tangkapan ikan hanya kecil-kecil dan jumlahnya tidak banyak.

“Kondisinya sekarang lagi sepi mas, seharian mencari ikan hasilnya tidak banyak dan merugi,” kata Muhammad Nurudin, Senin (13/6).

Dikatakan, setiap melaut ia harus mengeluarkan biaya untuk perbekalan dan bahan bakar sebanyak Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu.

“Tapi ikan yang didapat kecil-kecil kalau dijual lakunya sedikit, dan tidak menutup biaya yang dikeluarkan,” terang dia.

Kondisi serupa juga diakui nelayan lainnya karena tidak bisa mencari ikan dilokasi lain akibat cuaca yang buruk.

“Kalau mencari ikan di tengah tidak berani, kapalnya kecil takut diterjang ombak malah terbalik,” tukas Sapuan.

Nelayan berharap kondisi cuaca diperairan laut Jawa kembali tenang sehingga nelayan bisa mencari ikan lebih baik. Akibat hasil tangkapan nelayan yang sedikit tempat pelelangan ikan di Bandengan sepi dari aktivitas.
Sumber : www.radarpekalongan.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply