Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Konsul Malaysia Bantu Mediasi dengan KBRI

Pemuda Maritim - Konsulat Malaysia di Pekanbaru akan membantu memediasi pembebasan nelayan asal Rokan Hilir (Rohil) yang ditahan Polisi Diraja Malaysia pada Jumat (24/6) lalu. Hal ini diungkapkan PAT Konsulat Malaysia Pekanbaru, Antoni menindaklanjuti hasil pertemuan pihaknya dengan Komisi B DPRD Riau dan Dinas Perikanan dan Kelautan Riau, Senin (27/6) lalu. Antoni mengatakan, pihaknya bisa membantu mediasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia. Di mana nantinya pihak KBRI yang akan mengkomunikasikan hal tersebut dengan intansi terkait di Malaysia.

“Kami juga bisa menyampaikan ke departemen luar negeri di Malaysia. Tapi komunikasi intens adalah KBRI di Malaysia. Hal serupa juga pernah kami lakukan ketika nelayan Malaysia ditangkap pihak kepolisian di Tanjungpinang,” ujar Antoni.

Di sisi lain Ketua Komisi B DPRD Riau Marwan Yohanis mengatakan saat ini pihaknya sedang berupaya memulangkan nelayan Rohil yang saat ini ditahan di Perikanan Selangor, Malaysia.

“Berdasarkan data yang ada, ke 19 nelayan tersebut memang sudah melewati batas wilayah yang ada. Kecuali yang kasus pengusiran sebelumnya memang nelayan kita masih berada di wilayah perairan Indonesia,” jelas Marwan.

Lebih lanjut dikatakannya, karena pelanggaran yang dilakukan para nelayan tersebut adalah pelanggaran batas wilayah sehingga tidak ada sangkut pautnya dengan pihak kepolisian. Namun penyelesaian masalahnya berada pada kewenangan Dinas Perikanan, dalam hal ini Dinas Perikanan Selangor.

“Dalam hal ini, kami juga sudah berkomunikasi dengan Dinas terkait di Pekanbaru dan juga pusat. Kami juga sedanga mengupayakan di KKP bahwa upaya pemulangan nelayan dilakukan sebelum Idul Fitri. Kami juga sudah berkomunikasi dengan Komisi IV DPR RI,” katanya.
Sumber : riaupos.co

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply