Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Demak Keluhkan Pembayaran Lelang Ikan

Pemuda Maritim - Ribuan nelayan di Demak, Jawa Tengah resah karena tak langsung mendapat bayaran usai melelang ikan hasil tangkapan. Pembayaran yang kerap ditunda hingga lima hari berikutnya sangat dikeluhkan nelayan karena tak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Seperti ini saya habis melaut bersama nelayan lain yang jumlahnya 28 orang, setelah ikut lelang ya enggak dapat bayaran di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Morodemak. Kalau pas nasib baik ya besok bayaran, tapi biasanya tunda hingga beberapa hari," ujar nakhoda kapal, Arwani, kepada Okezone, Rabu (15/6/2016).

Dia mengatakan, pembayaran yang ditunda itu sangat memberatkan nelayan. Pasalnya, nelayan-nelayan itu kebanyakan hanya buruh yang belum memiliki kapal sendiri. Mereka pun harus mencari pinjaman untuk menutup kebutuhan rumah tangga sembari menunggu pembayaran dari TPI.

"Kalau alasannya kenapa bayarnya terlambat, saya enggak tahu persis. Tapi seperti ini sudah bertahun-tahun, kalau mau protes ya protes ke siapa, maklumlah masyarakat kecil seringnya enggak berani kalau urusan kaya gini," tambahnya.

Menurutnya, uang pembayaran hasil lelang sangat diperlukan nelayan pada Bulan Ramadan kali ini. Apalagi, mereka juga harus membayar biaya sekolah anak-anak.

"Sekarang kan lagi puasa, jadi andalannya ya hanya pembayaran lelang ikan ini. Puasa kan enggak bisa nyari sampingan atau buruh pocokan. Belum lagi yang anaknya sekolah, bingung buat bayar-bayarnya," ujarnya diamini nelayan lain.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply