Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » HIMAIKA UNPAD Peringati Hari Laut Dunia Gelar "Coastal Clean Up"



Pemuda Maritim - Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HIMAIKA) Universitas Padjadjaran mengadakan Coastal Clean Up dan penanaman bibit mangrove di Pulau Tunda. Acara ini sekaligus merupakan acara untuk memperingati Hari Laut Dunia (World Ocean Day) yang jatuh pada tanggal 8 Juni 2016. Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan pesisir bagian Pulau Tunda, dan diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa Ilmu Kelautan Unpad. Coastal Clean Up merupakan kegiatan bersih-bersih pantai dengan memungut sampah yang ada di kawasan pesisir. Sampah-sampah ini kemudian didata berdasarkan jenisnya menggunakan form Coastal Clean Up. Kegiatan ini dilakukan di bagian pantai utara, timur, dan selatan Pulau Tunda. Selain bersih-bersih pantai, HIMAIKA juga melakukan penanaman 150 bibit mangrove di samping barat dermaga Pulau Tunda. Banten, (4/6)

Sampah – sampah yang ada di laut juga di kawasan pesisir menjadi fokus utama dalam kegiatan CCD tersebut. Kini laut dan kawasan pesisirnya sudah diselimuti oleh sampah yang membuat keadaannya sangat memprihatinkan. Bukan hanya membahayakan untuk kehidupan di darat namun sampah – sampah tersebut sangat berbahaya untuk biota yang ada di laut. Banyak dari mamalia dan reptil laut tidak bisa membedakan antara sampah (terutama plastik) dan makanan.

Tegar Januar selaku Ketua HIMAIKA Unpad juga mengatakan “Kegiatan Coastal Community Development merupakan suatu kegiatan mulia dalam mengembangkan suatu masyarakat pesisir. Jika ingin Indonesia besar akan maritimnya maka yang utama adalah besarkan dan sejahterakan masyarakat pesisirnya. Harapan semoga kegiatan ini dapat membentuk mindset para mahasiswa lalu mengendap menjadi sebuah kebutuhan akan selalu bersikap empati dan memiliki tanggung jawab yang besar akan membangun Indonesia dari mulai hal - hal kecil, semoga masyarakat dapat membuka pikiran dan hatinya untuk minimal bersedia menerima segala informasi mengenai laut kemudian sedikit demi sedikit menjadikannya sebagai landasan dan prinsip menjalani hidup. Kegiatan kemarin jika boleh saya nilai, saya beri 100 namun, akan menjadi 1000 jika dapat berkelanjutan. Hasil dari niat yang baik sudah pastinya baik pula.” 

Bisa dilihat dari kutipan diatas, Indonesia merupakan negara yang kaya akan lautnya. Sangat disayangkan ketika kita sebagai mahasiswa tidak memperdulikan kesehatan dan kebersihan laut juga pesisir. Dimana hal tersebut merupakan aset yang bisa diwariskan untuk anak cucu dan generasi penerus di masa yang akan datang. 

Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan, menginspirasi juga menyadarkan kita, bahwa laut adalah sumber kekayaan dan kehidupan untuk generasi mendatang dan makhluk hidup didalamnya kelak.

“Padamu negeri kami mengabdi”

Jalesveva Jayamahe! Jayalah kelautanku! 

(Jaffar)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply