Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Program "Sekaya Maritim" di Lebak Sejahterakan Nelayan

Pemuda Maritim - Program Seribu Kampung Nelayan Tangguh Indah Mandiri atau "Sekaya Maritim" yang digulirkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada 2015 di Kabupaten Lebak dapat mensejahterakan nelayan.

"Sekarang pendapatan nelayan mulai meningkat," kata Hapid, pendamping Program Sekaya Maritim di Desa Muara Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak, Jumat (10/06/2016).

Pembangunan yang dibiayai program Sekaya Maritim kini mulai dirasakan manfaatnya oleh nelayan pesisir selatan Kabupaten Lebak, diantaranya jalan yang menghubungkan menuju Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Binuangeun.

Selain itu juga perbengkelan motor guna memudahkan nelayan jika mengalami kerusakan alat mesin motor perahu.

Mereka nelayan bisa dilayani oleh bengkel setempat dan tidak pergi ke luar daerah.

Biasanya, nelayan bila terjadi kerusakan mesin perahu mereka ke Pelabuhanratu, Sukabumi sehingga biaya cukup besar.

Bantuan lainnya, kata dia, kapal 10 Grasston dan alat tangkap lainnya sangat berdampak terhadap peningkatan pendapatan tangkapan.

Begitu juga pembangunan Balai Sekaya Maritim dapat difungsikan untuk pertemuan maupun pelatihan-pelatihan nelayan.

"Kami optimistis program Sekaya Maritim dapat mensejahterakan nelayan juga mampu mengatasi kemiskinan," katanya menjelaskan.

Menurut dia, selama ini pembangunan Sekaya Maritim berdampak positif terhadap kehidupan nelayan Pantai Binuangeun, Kabupaten Lebak.

Untuk itu, pihaknya terus mengoptimalkan pemberdayaan juga pengawasan agar program pemerintah tersebut berjalan dengan baik.

Selain itu juga partisipasi nelayan terhadap program Sekaya Maritim memiliki tanggung jawab agar kualitas bangunan itu bertahan lama.

"Kami minta nelayan dapat merawat dan memilihara dan merawat pembangunan Sekaya Maritim itu," katanya.

Kepala Seksi Sarana Penangkapan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lebak Rizal Ardiansyah mengatakan program Sekaya Maritim yang diluncurkan KKP itu bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi nelayan juga kesejahteraan masyarakat pesisir.

Pelaksanaan pembangunan Sekaya Maritim antara lain merealisasikan rehabilitasi sarana infrastuktur jalan desa dan jalan lingkungan menuju tempat PPI, drainase dan sanitasi mandi, cuci serta kakus (MCK).

Selain itu, juga pembuatan kapal, balai pendidikan latihan Sekaya Maritim serta bantuan alat tangkap.

"Kami berharap nelayan dapat menjaga pembangunan program Sekaya Maritim dipelihara dengan baik," ujarnya.

Penetapan lokasi program Sekaya Maritim tahun 2015 dipusatkan di Desa Muara Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak karena penduduknya sebagai nelayan yang sehari-hari kehidupan mereka dari penghasilan melaut.

"Kami berharap program ini dapat meningkatkan kehidupan masyarakat pesisir menjadi lebih baik," katanya.
Sumber : rimanews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply