Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » SENJATA NELAYAN ITU COLD STORAGE

Pemuda Maritim - Cold storage menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemakmuran bagi nelayan kecil.

Deputi 2 Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya (Kemenkomar), Agung Kuswandono menyampaikan, selama ini pengelolaan ikan bagi nelayan kecil masih kurang baik.

"Ketika nelayan mendapat ikan yang melimpah, maka nelayan harus segera menjual ikan tangkapan sebelum busuk," jelasnya di Yogyakarta.

Ikan tangkapan itu terpaksa dijual nelayan ke tengkulak atau ke pengepul asing.

"Nelayan itu senjatanya cold storage untuk menyimpan ikan dan es. Nah kita membangun cold storage, yang juga harus disinkronkan, jangan terlalu jauh dari jangkauan nelayan," tutur Agung.

Agung menjelaskan, Kemenkomar akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam pengadaan sarana dan prasarana penunjang kelautan dan perikanan.

"Langkah ini kita (Kemenkomar) provokatornya, kalau ada yang nggak beres, kita kumpulkan, rapatkan dan koordinasikan. Kita yang mengarahkan pembangunanya di mana, harus dekat dengan masyarakat," imbuhnya.

Saat ini Kemenkomar tengah fokus pembangunan cold storage pada Jawa bagian tengah yang meliputi provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Diharapkan nantinya bisa mendongkrak hasil laut dan perikanan Indonesia yang kini masih berkutat di peringkat lima ASEAN, kalah dari Malaysia, Thailand dan Vietnam.

"Biota laut kita terbaik. Mengapa kita di ranking lima ASEAN. Masalahnya Indonesia selama ini santai saja. Tingkat pencurian ikan di Indonesia terbesar di dunia," ujar Agung.

Kelemahan Indonesia lainnya, menurut Agung, tidak memiliki industri menengah. cold storage (tempat pendingin) menjadi solusi ketika banyak ikan melimpah.

"Kita kumpulkan semua pakarnya, kita buat jadi bagus, dari perencanaan hingga penggunaannya nanti, supaya nelayan dan masyarakat benar-benar dapat menikmati," tandas Agung.
Sumber :  www.rmol.co

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply