Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Seratus Anak Penyu Dilepas ke Laut

Pemuda Maritim - Sebuah kelompok yang mengatasnamakan Gerakan Save Penyu melepas satwa langka berupa penyu hijau sebanyak seratus ekor di perairan Pantai Penimbangan, Singaraja, Buleleng, Minggu (19/6/2016).

Seratus anak penyu tersebut merupakan hasil penetasan telur penyu di pantai yang juga menjadi tempat penangkaran penyu yang berada di Buleleng.

Koordinator Aksi Gerakan Save Penyu, Made Suartha menuturkan sejak beberapa tahun terakhir Pantai Penimbangan kerap disinggahi oleh penyu hijau sebagai sarang bertelur.

"Awalnya kita melihat Pantai Penimbangan memiliki potensi dan ternyata ada penyu-penyu yang bertelur di sini. Dari situ beberapa komunitas kumpul membuat gerakan penyelamatan penyu," jelas Suartha kepada wartawan di sela-sela acara pelepasan penyu.

Dalam acara tersebut, Gerakan Save Penyu mengajak anak-anak kecil untuk bergabung melepasliarkan anak penyu ke habitatnya di laut setelah dirawat di tempat penangkaran.

Dia berharap dengan dilepasnya anak penyu di Pantai Penimbangan akan banyak penyu dewasa lainnya yang bertelur dan datang ke pantai.

"Kita lepas di sini maka nanti ketika dewasa dia akan bertelur di sini lagi. Seperti itu naluri penyu," tuturnya.

Pihaknya berharap, Pantai Penimbangan menjadi pusat konservasi dan penangkaran penyu. Sebab, terdapat ratusan telur penyu dikubur di Pantai Penimbangan.

"Karena kondisi air yang pasang ada telur yang busuk. Kita akan berupaya memberikan dukungan terhadap pebgembangan konservasi penyu di Penimbangan gerakan ini adalah salah satu langkah awal kami memulainya," tandasnya.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply