Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Cuaca Buruk, Nelayan Beralih Profesi

Pemuda Maritim - Lantaran kondisi cuaca buruk dan gelombang tinggi, nelayan pesisir pantai Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, enggan melaut. Akibatnya, sebagian nelayan lebih memilih beralih profesi ketimbang memaksa melaut yang mengancam keselamatan mereka.

Seperti yang diungkapkan, Khoirul Amin (60) nelayan di pusat pelelangn ikan (PPI) Dermaga Bom Kalianda mengatakan sejak dua hari yang lalu kondisi cuaca kurang bersahabat lantaran angin kencang. Akibatnya, sebagian besar nelayan setempat enggan melaut dang beralih profesi.

"Kalau cuaca sudah seperti ini, nelayan banyak yang enggak mau melaut. Soalnya, kalau dipaksa akan mengancam keselamatan kami saat di laut. Jelas, kami sudah paham dan pengalaman kalau cuaca seperti ini membahayakan bagi nelayan itu sendiri," kata dia saat ditemui di kapalnya yang di sandarkan di PPI Dermaga Bom Kalianda, Rabu (20/7/2016).

Untuk mengisi waktu luang mereka, kata Khoirul, sebagian ada nelayan yang memanfaatkan waktu luangnya dengan memperbaiki jaring yang rusak. Bahkan, ada pula yang beralih profesi, seperti menjadi buruh bangunan atau buruh lainnya.

"Kalau saya pribadi lebih baik memperbaiki jaring, mas. Soalnya, banyak jaring ikan pada rusak. Tapi, ada juga nelayan yang beralih profesi sebagai buruh bangunan. Bahkan, jadi tukang ojek pun ada kalau cuaca buruk sekarang ini," ujar nelayan berasal dari Pandeglang, Banten itu.

Hal senada diungkapkan, Hafis (30), nelayan lainnya. Dia mengatakan terpaksa beralih profesi sebagai penjual jasa ojek motor di wilayah Kalianda. Sebab, jika tidak beralih profesi, ia tidak akan mendapatkan penghasilan untuk kehidupan sehari-harinya.

"Daripada menganggur, lebih baik saya menjadi tukang ojek, Mas. Ya, lumayan lah untuk cari tambah-tambahan jajan anak dirumah. Untuk penghasilan mengojek, sehari bisa mencapai berkisar Rp100 ribu - Rp150 ribu. Dari pada diam dirumah, mendingan saya mengojek, kan lumayan," kata pria satu anak itu.
Sumber : lampost.co

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply