Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Ditemukan Lubang Misterius Terdalam di Dasar Laut China Selatan

Pemuda Maritim - Lagi! Lubang raksasa kembali ditemukan. Kali ini penemunya adalah para peneliti China. Lubang itu ditemukan di wilayah Laut China Selatan.

Para peneliti yakin bahwa lubang ini merupakan sinkhole terdalam yang pernah ditemukan di dunia. Penemuan sinkhole bawah air atau yang juga disebut sebagai blue holes ini diumumkan pada Jumat pekan lalu. Mereka menyebut sinkhole ini sebagai “Lubang Naga”.

Dikutip Daily Mail, Selasa (26/8), lubang di dasar laut itu memiliki kedalaman sekitar 300,89 meter. Dan diklaim sebagai sinkhole terdalam di muka Bumi. Sebelumnya, sinkhole terdalam yang pernah ditemukan adalah Dean's Blue Hole di Bahama, dengan kedalaman 202 meter.

Sinkhole bawah Laut China Selatan itu terletak pada 16.31 derajat lintang utara dan 111.46 Bujur Timur. Lokasi itu berada di Pulau Paracel, wilayah yang disengketakan antara China dan Vietnam.

Penemuan ini bermula saat ilmuwan China melakukan penelitian lapangan pada Agustus 2015 hingga Juni 2016. Dengan bantuan peralatan, termasuk pemindai sonar, pengukur kedalaman laut, robot bawah air, dan kamera bawah air, para peneliti negeri Tirai Bambu itu akhirnya memastikan adanya blue hole ini.

Para peneliti itu juga memastikan bahwa “mulut” sinkhole ini memiliki lebar 130 meter dan 36 meter pada bagian dasar. Para peneliti Tiongkok juga menemukan 20 spesies laut di dalamnya.
Sumber : www.jitunews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply