Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Heracleion, Kota Kuno Mesir yang Terkubur di Bawah Laut

Pemuda Maritim - Selain Atlantis yang masih misteri, ternyata Mesir juga punya kota kuno Heracleion yang terkubur di bawah laut. Seperti ini penampakannya.

Jauh sebelum masa sekarang, ada banyak kisah akan kota kuno yang melegenda di dunia dan belum jelas diketahui keberadaanya. Namun salah satu yang telah terbukti dan ditemukan adalah kota kuno Thonis-Heracleion di bawah laut Mesir.

Awalnya kota kuno Thonis-Heracleion hanya santer disebut dalam tulisan klasik hingga artifak langka yang ditemukan oleh arkeolog. Tapi pada tahun 2000 lalu, keberadaan kota kuno itu terungkap oleh Franck Goddio dari European Institute for Underwater Archaeology (IEASM).

Dilansir detikTravel dari situs resmi Franck Goddio, Jumat (22/7/2016) diperkirakan jika kota kuno tersebut tenggelam ke bawah laut akibat aneka bencana alam pada abad 8 masehi. Hal itu pun dibuktikan dengan ditemukannya sejumlah artidak di bawah laut.

Lokasinya berada di bawah laut Mesir (Franck Goddio)

Sejarahnya, dahulu kota kuno Thonis-Heracleion yang kental unsur Mesir dan Yunani telah ada sebelum Alexandria. Thonis-Heracleion juga dikenal sebagai salah satu pusat persinggahan kapal dagang dunia yang melintas antara Yunani dan Mesir.

Kisah lainnya, seorang sejarawan kenamaan Yunani yang bernama Herodotus juga pernah mengisahkan akan sebuah kuil yang dibangun ketika Herakles pertama kali tiba di Mesir. Itu hanyalah satu dari sekian kisah yang ada.

Sedangkan untuk lokasi tepatnya, kota kuno Thonis-Heracleion terletak sekitar 10 hingga 15 Km di sisi Barat dari Teluk Aboukir. Bekas kejayaan kotanya pun masih dapat dilihat oleh traveler pecinta olahraga diving.
Sumber : detik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply