Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » » Melihat Berbagai Makhluk Misterius Dasar Laut

Pemuda Maritim - Tahun ini diadakan ekspedisi ke palung laut terdalam di Bumi. Salah satunya adalah video dokumentasi yang sangat memukau.

Saluran NewScientist di YouTube melalui video-video unggahan terbarunya memperlihatkan video dokumentasi dari ekspedisi ke Palung Mariana oleh pihak National Oceanic and Atmosphere Administration (NOAA), melalui robot/kapal penjelajah Okeanos.

Video ini memperlihatkan makhluk-makhluk dasar laut yang sebelumnya belum teridentifikasi oleh para ilmuwan.

Palung Mariana atau Palung Marianas adalah palung yang paling dalam yang diketahui, dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi. Palung ini terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepualauan Mariana di 11 21' Lintang Utara dan 142 12' Bujur Timur, dekat juga dengan negara Jepang.

Palung ini merupakan batasan di mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina. Kedalaman dari palung ini jauh di bawah permukaan laut, lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut.

Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.911 meter (35.798 kaki) di bawah permukaan laut. Kalau dihitung menurut garis lintang dan garis bujur Bumi, palung ini berada 6.366,4 km dari pusat Bumi. Samudra Arktik, di sisi lain, dengan kedalaman 4 km, memiliki jarak dasar laut dengan pusat bumi sebesar ~6.352,8 km, 13,6 km lebih dekat.
Sumber : teknologi.inilah.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply