Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Nelayan Pantai Penimbangan Selamatkan Puluhan Ekor Tukik

Pemuda Maritim - Nelayan Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, Bali berhasil menyelamatkan 60 ekor anak penyu (tukik) yang baru keluar dari sarangnya.

Selain puluhan ekor tukik tersebut, ditemukan juga tiga tukik yang sudah mati dan sekira 20 ekor telur penyu yang membusuk.

Koordinator Save Penyu Pantai Penimbangan, Putu Dedy Yastika mengatakan, tukik ini ditemukan di sekitar sarangnya sekira pukul 13.30 Wita. Saat itu, nelayan yang tengah melakukan aktivitas sehari-hari melihat puluhan ekor tukik yang keluar dari sarang.

Para nelayan kemudian menyelematkan tukik tersebut dengan cara menampung sementara dengan ember besar.

“Saat kami temukan di satu sarang ada 60 ekor tukik hidup dan itu sudah kami tampung sementara dengan ember besar. Tiga mati dan 20 telur busuk mungkin karena gangguan binatang buas dan yang busuk itu karena sarang ini sering terkena hempasan air laut,” katanya, seperti dikutip dari Balipost.com, Kamis (28/7/2016).

Tukik ini renacananya akan dirawat sementara oleh para nelayan setempat. Nelayan bersama aparat desa dan pihak lainnya nantinya akan melapas tukik ini ke tengah laut.

Nelayan juga masih menunggu sisa telur yang diperkirakan akan menetas dalam beberapa hari ke depan.

“Tadi sisa telur saya pindahkan ke bak penangkaran. Ada juga telur yang baru ditemukan juga saya pindahkan ke bak penangkaran agar lebih mudah mengawasi. Setelah ada hari baik kami akan lepas tukik ini sebagai komitmen nelayan melestarikan populasi penyu di pantai ini,” tuturnya.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply