Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Program KKP RI, 4.700 Lebih Nelayan di Meranti Akan Diasuransikan

Pemuda Maritim - Sebanyak 4.700 lebih nelayan yang tersebar di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam tahun ini akan diasuransikan. Ini merupakan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP RI) yang sedang dijalankan Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kepulauan Meranti.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Kadislutkan Kepulauan Meranti, Drs Askandar melalui Kabid Tangkap dan Budidaya, Ishak Usman SH, kepada riauone.com, Senin (18/7/2016) dikantornya. Dikatakan Ishak, saat ini pihaknya melalui tenaga penyuluh sedang menjalankan pendataan terhadap para nelayan.

"Untuk terdaftar dalam asuransi ini, setiap nelayan wajib punya kartu nelayan. Jadi, ini yang kita lakukan pendataan agar semua nelayan di Meranti punya kartu dan asuransi. Dan, pendataan untuk program asuransi ini sudah harus tuntas September ini," ungkap Ishak.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa saat ini nelayan yang sudah punya kartu ada kurang lebih 2.000 orang. Sementara, yang baru terdata 700 nelayan dari total 4.700 lebih nelayan.

"Ini yang sedang kita kejar agar cepat selesai. Mengingat, program asuransi ini sangat berguna dan membantu nelayan kita di Meranti. Sebab, melalui asuransi ini nelayan yang tertimpa musibah maupun meninggal ketika melaut akan terbantu, keluarga mereka bisa men-klaim ke Dinas Kalutan dan Perikanan melalui Pokja yang sudah dibentuk," jelasnya.

Selain program asuransi, sebut Ishak pula, ada juga program SEHAT (Sertifikat Tanah Nelayan). Untuk program ini, Meranti mendapatkan kuota sebanyak 350 persil sertifikat tanah nelayan.

"Pogram SEHAT ini juga sangat bermanfaat dan membantu para nelayan. Jadi, nelayan yang dapat jatah sertifikat ini bisa meminjam modal usahanya ke bank. Kami juga sedang mendata siapa saja akan akan mendapatkan jatah sertifikat tahun ini," ujar Ishak.
Sumber : riauone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply