Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » Tiongkok-Rusia Latihan Militer Bersama di Laut China Selatan

Pemuda Maritim - Kementerian Pertahanan Tiongkok mengatakan bahwa Tiongkok dan Rusia akan mengadakan latihan Angkatan Laut rutin di Laut China Selatan.

"Latihan ini tidak ditujukan untuk pihak ketiga. Ini adalah latihan rutin antara kedua angkatan bersenjata," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok, Yang Yujun, seperti dikutip Reuters, Jumat (29/7/2016).

"Latihan ini ditujukan untuk memperkuat pengembangan Tiongkok-Rusia dalam kemitraan kerja sama strategis," lanjutnya.

Tiongkok dan Rusia adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB di mana kedua negara ini memiliki pandangan yang sama terhadap isu-isu besar seperti krisis di Suriah dan juga bertentangan dengan Amerika Serikat (AS) juga Eropa Barat.

Namun, beberapa pihak menganggap latihan bersama ini kurang tepat karena menyusul ketegangan pasca putusan pengadilan arbitrase internasional keluar pada 12 Juli lalu.

Tahun lalu, Tiongkok dan Rusia juga sempat mengadakan latihan militer bersama di Laut Jepang dan Laut Mediterania.

Sementara itu, Juru Bicara Gedung Putih, Josh Earnest mengecilkan arti dari latihan tersebut meskipun ia mengakui bahwa Laut China Selatan adalah topik diplomatik yang sangat sensitif saat ini.

"Saya tidak tahu apa latihan mereka dibalik sebuah rencana, tapi saya tidak terkejut, Tiongkok dan Rusia sedang membangun hubungan kerja sama yang lebih baik," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa AS tidak khawatir tentang keselamatan dan keamanan kapal AS di wilayah tersebut selama interaksi dengan Tiongkok tetap aman dan profesional.
Sumber : metrotvnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply