Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Cermin Keberhasilan Mengedukasi Nelayan

 Pemuda Maritim - Petugas Pol Air Polda DIY berhasil mengamankan seekor penyu hijau di Pantai Kuwaru Desa Poncosari Kecamatan Srandakan Bantul. Penyu berukuran panjang hampir 60 cm itu langsung diletakkan ditempat aman sebelum dikembalikan ke habitat aslinya di laut.  Keberhasilan mengamankan penyu berukuran besar itu sebagai cermin keberhasilan personel Dir Pol Air Polda DIY yang bertugas di Kuwaru mengedukasi masyarakat pesisir dan nelayan.

Kapospol Pantai Kuwaru dari Dir Polair Polda DIY, Aipda Boniman didampingi Aiptu Pawit dan Brigadir Bayu Sekti Manunggal, Senin (29/8/2016) petang mengatakan, diamankannya penyu tersebut bermula ketika jaring nelayan Pantai Kuwaru Srandakan terasa berat saat ditarik. Setelah berhasil diangkat baru disadari jika beratnya jaring ditarik lantaran ada seekor penyu tersangkut. Penyu tersebut kemudian dibawa menepi dan dilaporkan ke Pos Pol Air Polda di Pantai Kuwaru. Mendapat laporan itu Aipda Boniman bergegas menuju titik penemuan untuk melihat kondisi penyu.

Dijelaskan, dilaporkannya temuan penyu itu merupakan sebuah kemajuan berarti bagi masyarakat pesisir Pantai Kuwaru. Selama ini personel Pol Air tidak pernah lelah mengedukasi warga untuk tidak menguliti penyu dalam kondisi apapun. Dalam edukasi itu Boniman dan jajarannya selalu menginformasikan, jika penyu merupakan satwa dilindungi.

"Dalam kondisi apapun ketika penyu ditemukan, baik hidup dan mati masyarakat kami sarankan untuk tidak membunuh dan dikonsumsi," jelas Boniman. Langkah edukasi itu diberikan merujuk pengalaman sebelumya yang setiap kali menemukan penyu terdampar langsung dihabisi untuk dikonsumi.
Sumber: krjogja.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply