Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » HNSI Dukung Pelarangan Nelayan Asing Tangkap Ikan di Laut RI

Pemuda Maritim - Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia, Sumatera Utara, mendukung kebijakan pemerintah yang tetap melarang nelayan asing menangkap ikan di perairan Indonesia.

"Larangan tersebut tidak lain bertujuan untuk menyelamatkan sumber hayati laut dan kekayaan yang dimiliki Indonesia," kata Sekretaris DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut, Pendi Pohan di Medan, Senin (8/8/2016).

Selama ini, menurut dia, kapal-kapal dari berbagai negara asing banyak yang mencuri ikan atau illegal fishing di perairan Indonesia sehingga merugikan negara yang tidak sedikit jumlahnya.

"Sehubungan dengan itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melarang dan menertibkan kapal asing tersebut menangkap ikan di Indonesia," ujar Pendi.

Ia menyebutkan, larangan beroperasinya kapal asing di Indonesia memberikan manfaat yang cukup besar bagi nelayan tradisional dan tangkapan ikan juga semakin banyak.

Selain itu, ikan yang ada di Indonesia juga tidak dikuras habis nelayan asing. Hal ini juga menyelamatkan kekayaan negara.

"DPD HNSI Sumut sangat mendukung kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi melarang nelayan masuk ke perairan Indonesia," katanya.

Pendi menambahkan, sangat setuju dengan kebijakan Menteri Susi menangkap kapal-kapal nelayan asing yang terbukti mencuri ikan di perairan Indonesia.

Masuknya kapal-kapal nelayan asing merupakan pelanggaran hukum dan sah apabila ditenggelamkan.

"Penengelaman kapal asing itu agar memberikan efek jera sehingga tidak mengulangi lagi pencurian ikan di perairan Indonesia," kata mantan Ketua DPC HNSI Kota Medan itu.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply