Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Ini Solusi Konflik Laut China Selatan

Pemuda Maritim  - Konflik berkepanjangan di Laut China Selatan (LCS) membuat Hakim Pengadilan Hukum Laut Internasional (ITLOS), Jin-Hyun Paik angkat bicara. Menurutnya, konflik di LCS dapat diselesaikan dengan cara mempertegas pemberlakuan hukum. Dunia tidak boleh gentar dan takut dengan sikap provokatif yang ditunjukkan China.

Pendapat itu disampaikan Paik dalam Resepsi Makan Malam Simposium Internasional Keamanan Maritim Asia 2016, di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Senin 22 Agustus 2016.

"Untuk menyelesaikan kasus ini, kita harus menganggap hukum itu sebagai suatu entitas tersendiri. Karena itu, kita harus melepaskan hukum dari penyebab hukum. Jika hukum mengenai LCS terus ditegakkan, maka konflik di LCS akan dapat terselesaikan," ujar Hakim Paik kepada Okezone, Selasa (23/8/2016).

Menurut Paik, keputusan Mahkamah Arbitrase Internasional memang tidak dapat memaksa China menanggalkan klaim LCS. Namun, keputusan ini dapat membuat dunia berpikir bahwa China tidak berhak mengklaim LCS tanpa bukti yang kuat.

Merespons aksi penyebaran pasukan China, Hakim Paik mengingatkan, dunia harus memisahkan antara hukum dengan efek hukum. Karena itu, dunia tidak boleh mengabaikan hukum yang berlaku hanya karena China terus melakukan intimidasi di LCS.

"Saya meyakini tensi yang memanas di LCS tidak akan berlangsung lama. Hukum laut internasional harus terus dijalankan. Meskipun saat ini China terus mengintimidasi, lambat laun situasi ini akan reda dan China akan mematuhi hukum laut internasional," ujar pria asal Korea Selatan (Korsel) itu.

Dengan cara ini, dia berharap konflik di LCS dapat segera diselesaikan dengan menempuh mekanisme hukum yang berlaku. Klaim wilayah antara China, Vietnam, Filipina dan Malaysia diharapkan dapat diselesaikan secara adil.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply