Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » Insiden Keamanan Maritim Indonesia Bisa Pengaruhi ASEAN

Pemuda Maritim - Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal), Laksamana Pertama TNI Arusukmono Indra Sucahya, mengemukakan, gangguan keamanan di wilayah yurisdiksi laut Indonesia secara mikro maupun makro dapat mempengaruhi keamanan nasional, regional dan internasional.

"Karena itu, pencegahan agar tidak terjadi insiden sangat penting dijaga supaya tidak menganggu banyak pihak," kata Indra saat membuka diskusi panel bidang Keamanan Laut (Kamla) di Jakarta, Selasa (9/8).

Diskusi dihadiri 150 perwira siswa pendidikan reguler Seskoal angkatan ke-54 tahun 2016. Diskusi mengangkat tema "Perspektif Keamanan Maritim (Maritime Security) Dalam Kerangka Asean Community dan Proyeksi Isu-isu Maritim Strategis di Kawasan Asia Timur".

Indra menjelaskan, insiden yang terjadi berupa kejahatan bersifat nasional dan trans nasional. Beberapa diantaranya seperti aksi terorisme berupa sabotase terhadap obyek vital lepas pantai, terhadap kapal dagang, kapal tanker besar, peranjauan alur-alur pelayaran, perompakan (piracy) dan pembajakan (hijack), illegal migrant, people smuggling, money loundering, drug trafficking, computer crime dan maritime terrorism serta pelanggaran wilayah.

Menurut pejabat nomor satu di Seskoal ini, dinamika perkembangan keamanan khususnya keamanan maritim di Asean menuntut Indonesia harus dapat melakukan antisipasi secara tepat dan benar. Caranya dengan melakukan berbagai upaya konkrit karena sebagian besar wilayah perairan Asean adalah perairan yurisdiksi Indonesia terutama Selat Malaka.

"Indonesia harus mempunyai dan dapat mengemukakan konsep-konsep keamanan laut dan atau keamanan maritimnya yang elegan, baik pada tataran politik strategi maupun operasional. Hal itu supaya dapat diterima dan dihormati oleh negara-negara di kawasan, bahkan internasional," ujarnya.
Sumber : www.beritasatu.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply