Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » KTT G-20 Bahas Isu Laut Cina Selatan, Ini Sikap Indonesia

Pemuda Maritim - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memperkirakan isu Laut Cina Selatan akan menjadi pembahasan di Konferensi Tingkat Tinggi G-20, yang berlangsung di Cina, pada 4-5 September 2016. Malah, ia yakin sekali bahwa isu tersebut akan dibahas, terutama terkait dengan status perairan Natuna.

"Saya kira isu Laut Cina Selatan itu pasti akan muncul, meski tidak disinggung," ujar Retno di kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 29 Agustus 2016.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, kawasan perairan Natuna sempat menjadi perhatian akibat insiden pencurian ikan di sana. Sebuah kapal asal Cina yang sedang mencuri ikan di sana dihentikan lewat tembakan kapal perang KRI Imam Bonjol.

Aksi tegas itu memicu reaksi keras dari pemerintah Cina. Mereka mengklaim bahwa perairan Natuna termasuk wilayah perairan tradisional mereka yang selama ini diakui sebagai Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia. Namun Indonesia bergeming dan malah balik memberi sinyal perlawanan lewat inspeksi dan rapat terbatas di Natuna via kapal perang KRI Imam Bonjol.
Sumber : m.tempo.co

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply