Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Mau Jadi Poros Maritim? Dua Provinsi Bertetangga Harus Lakukan Ini

Pemuda Maritim - Penataan kelembagaan dan sumber daya manusia menjadi dua kunci utama mendorong Provinsi Kaltim dan Kaltara menjadi poros maritim.

Dua hal ini menjadi catatan Musyawarah Wilayah (Muswil) Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) Kaltim, di Hotel Grand Victoria, Samarinda.

Ketua Iskindo Kaltim-Kaltara, Supriadi Syam, mengatakan Iskindo mendorong percepatan pembangunan maritim di Kaltim dan Kaltara.

Secara ekoregion, kata Supriadi, Kaltim dan Kaltara berada di posisi strategis yakni di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 2.

"Kaltim dan Kaltara ini berada dalam satu kesatuan ALKI 2. Terlebih Indonesia sudah mendeklarasikan diri sebagai poros maritim dunia. Sehingga Iskindo berkomitmen mendorong akselerasi pembangunan maritim di dua provinsi ini," ujar Supriadi.

Secara umum, kata Supriadi, penerapan poros maritim harus didukung struktur organisasi di daerah yang ramah untuk pembangunan poros maritim.

"Struktur organisasi perangkat daerah ini harus mencerminkan sebagai poros maritim dunia," katanya.

Selanjutnya, meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di sektor maritim.

"Peningkatan kualitas dan kuantitas SDM Kelautan, menjadi salah satu program utama pemerintah pusat, untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Kalau strukturnya sudah ada, tapi SDMnya belum siap, percuma,” ujarnya.
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply