Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan di Kabupaten Bangka Bakal Dapat Bantuan 8 Unit Kapal

Pemuda Maritim - Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka pada tahun 2016 ini mengusulkan bantuan kapal untuk para nelayan di Kabupaten Bangka kepada pemerintah pusat sebanyak 15 unit.

Kapal tersebut terdiri tujuh kapal dengan kekuatan 5 GT dan delapan kapal dengan kekuatan 3 GT.
Namun ternyata saat rapat koordinasi di Banten ternyata hanya diusulkan delapan unit kapal.

"Saya ngusulkan 15 unit tetapi saya tidak inget ada usulan lisan itu sehingga sekarang yang terdaftar di kementerian itu delapan unit dengan 63 paket itu dari APBN," jelas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Ahmad Sapran, Senin (15/8/2016) di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka.

Bantuan tersebut lanjutnya, masih di verifikasi lagi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Menurutnya penerima bantuan dari APBN sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014, maka bantuan kapal dan paket alat tangkap tersebut harus melalui koperasi yang anggotanya berasal dari kelompok usaha bersama (KUB) nelayan. Untuk jumlah koperasi nelayan di Kabupaten Bangka ada empat koperasi dimana bantuan diberikan melalui koperasi nelayan yang belum menerima bantunan pemerintah.

"Jadi tidak bisa perorangan. Tahun kemarin sudah dieksekusi harusnya ke koperasi walaupun dari dana alokasi khusus (DAK) APBD tetapi muncul permendagri terbaru tahun ini Nomor 14 Tahun 2016. Bantuan itu untuk APBD dan DAK boleh kita salurkan kepada KUB tetapi perorangan tidak boleh," jelas Sapran.

Diakui memang jika melalui KUB tidak semua anggota yang menerima karena hanya satu anggota yang dapat bantuan, sedangkan yang lainnya belum menerima bantuan. Bantuan itu tidak boleh berulang untuk satu KUB, tahun berikutnya harus KUB yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Tergantung mereka mengaturnya apakah sistem arisan itu urusan mereka yang penting sudah kita serahkan," tegas Sapran.

Dia mengatakan, bantuan kapal dan paket alat tangkap ini akan diserahkan kepada koperasi nelayan pada triwulan ke empat tahun 2016 ini.

Sedangkan dari APBD Kabupaten Bangka untuk Tahun 2016 ini, bantuan bagi para nelayan yang berasal dari DAK berupa mesin tempel dan jaring ikan. Bantuan tersebut terdiri dari 250 piece jaring kembung, jaring tenggiri 250 piece, fishfender 25 unit, jaring kepiting 250 unit, jaring udang 250 piece, dan jaring ciu 250 piece. Selain itu mesin tempel untuk kapal nelayan sebanyak 21 unit.

Bantuan bagi para nelayan tersebut juga disalurkan melalui KUB, tidak boleh berulang yang harus bergilir.
"Kalau ditumpuk ke satu KUB saja yang lain protes. Bantuan kita terbatas. KUB kita ini 330, minimal anggotanya 10 hingga 15 nelayan. Sebanyak 5.176 nelayan itu," ungkap Sapran.
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply