Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » » Nelayan Dilarang Gunakan Kompresor

Pemuda Maritim - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Singkil meminta nelayan menghentikan penggunaan alat bantu kompresor untuk menyelam menangkap ikan di laut. Sebab alat bantu pernapasan menggunakan kompresor tidak dibenarkan secara aturan serta beresiko tinggi terhadap keselamatan pengguna dan kesehatan tubuh. Kepala DKP Aceh Singkil Ir Ismed Taufiq, Selasa (2/8) mengatakan, pihaknya telah mensosialisasikan larangan tersebut kepada para nelayan.

“Dari hasil sosialisasi disepakati terhitung 1 Oktober 2016, tidak ada lagi nelayan menggunakan kompresor,” kata Ismed. Menurut Ismed pihaknya juga sudah mensosialisasikan larangan penggunaan jaring moruami (jaring yang dipasang di trumbu karang). Sebab sistem kerja jaring tersebut merusak terumbu karang di samping mata jaringnya kecil sehingga ikan kecil ikut tertangkap. “Untuk jaring moruami disepekati mulai 1 Januari 2017 tidak boleh digunakan lagi,” ujarnya.

Menurut Ismed, penghentian penggunaan kompresor dan jaring moruami tidak serta merta diberlakukan. Tetapi mengikuti perjanjian yang disampaikan nelayan sendiri. “Kami terlebih dahulu melakukan sosialisasi. Dalam sosialisasi nelayan berjanji tidak menggunakannya lagi sampai batas waktu yang disepakati. Namun jika sampai batas waktu masih menggunakan maka dilakukan penertiban,” demikian Ismed.
Sumber :  tribunnews.com


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply