Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Serunya Upacara HUT Ke-71 RI di Tengah Laut Pantai Baron

Pemuda Maritim - Memperingati HUT Ke-71 RI, Tim SAR Satlinmas Pantai Baron, dan masyarakat Gunungkidul menggelar upacara di tengah laut, Rabu (17/8/2016).

Upacara yang dimulai sekira pukul 09.30 WIB itu dimulai dengan upacara di pinggir laut, lalu dilanjutkan dengan pengibaran bendera. Para pengibar bendera berenang yang terdiri dari tiga orang pengibar SAR Satlinmas Pantai Baron. Sementara ratusan peserta di belakangnya mengikuti berenang menuju lokasi yang jaraknya 200 meter.

Peserta tampak menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ dengan semangat sambil mengapung.

Koordinator SAR Satlinmas Pantai Korwil 2 Gunungkidul Marjono mengatakan, upacara d itengah laut diikuti lebih dari 700 orang yang terdiri dari relawan, SAR Satlinmas, dan berbagai elemen masyarakat serta pelajar.

"Upacara ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang tidak mudah merebut kemerdekaan," kata Marjono saat ditemui usai menjadi pembina Rabu, (17/8/2016).

Perjuangan berat, lanjut Marjono, diaplikasikan dalam perjuangan menembus tingginya gelombang tinggi Samudra Hindia. Peserta juga harus susah payah berenang di antara ombak.

"Upacara di tengah laut ini, menunjukkan betapa beratnya pahlawan merebut kemerdekaan. Upacara ini untuk mengingatkan tentang perlu menjaga ekosistem laut, karena warga menggantungkan hidup dari laut. Kita sehari-hari bergantung dengan laut, maka kita wajib menjaganya," lanjut dia.

Salah seorang peserta, Asrori mengakui cukup berat berenang menuju lokasi pengibaran bendera.

"Ombaknya cukup tinggi, saya sampai kesulitan untuk sampai ke lokasi," ujarnya.

Meski tidak bisa bisa berada di sekitar tiang pengibaran bendera, namun dirinya mengaku bangga bisa menjadi bagian dalam upacara ini. "Baru pertama kali, dan tidak bisa dilupakan seumur hidup," ucapnya.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply