Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » Sudah Tiga Bulan Nelayan Kotawaringin Timur Tak Melaut

Pemuda Maritim - Gelombang tinggi sejak tiga bulan terakhir membuat nelayan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, tidak bisa melaut sehingga mereka tidak mendapatkan penghasilan.

"Nelayan tidak berani memaksakan diri karena gelombang tinggi. Kapal yang digunakan nelayan kami rata-rata kecil sehingga tidak bisa melaut jauh," kata Kepala Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit, Aswin Noor di Sampit, Selasa (2/8/2016).

Nelayan di Kotawaringin Timur tersebar di Kecamatan Teluk Sampit, Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Selatan dan Mentaya Hilir Utara. Namun konsentrasi terbesar di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit.

Cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang tinggi memang terjadi setiap tahun. Namun gelombang tinggi tahun ini dinilai cukup lama sehingga cukup membuat pusing para nelayan. Kondisi dampak musim angin Tenggara itu diperkirakan akan terjadi hingga November nanti.

Nelayan hanya bisa pasrah menghadapi kondisi ini karena perahu kecil mereka tidak mungkin melawan ganasnya gelombang tinggi. Mereka hanya bisa menahan rasa kecewa karena justru nelayan dari daerah lain menggunakan kapal besar dan peralatan tangkap modern yang malah menangkap ikam di perairan setempat.

Untuk mengisi waktu, nelayan melakukan berbagai aktivitas seperti memperbaiki jaring dan kapal. Sementara untuk bertahan hidup, mereka menggunakan tabungan yang ada. Ada pula yang mencari pekerjaan di luar desa agar tetap dapat penghasilan sambil menunggu kondisi laut bersahabat.

"Kami sudah mengusulkan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan agar para nelayan mendapat pelatihan membudidayakan ikan di tambak supaya ada penghasilan nelayan saat tidak melaut akibat cuaca buruk seperti sekarang," harapnya.

Aswin juga berharap para nelayan diberikan bimbingan teknis pemanfaatan kerang sehingga dapat dijadikan suvenir bagi pengunjung objek wisata Pantai Ujung Pandaran. Kegiatan itu diharapkan dapat membantu perekonomian nelayan.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply