Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » Sumur Gas di Sampang Dikepung Jaring Ikan Nelayan

Pemuda Maritim - Tidak kurang dari 60 rumpon atau jaring buatan untuk rumah ikan milik nelayan pulau Gili Mandangin, Kabupaten Sampang, dipasang mengelilingi sumur gas atau platform eksplorasi gas di wilayah kerja Husky CNOOC Madura Limited (HCML).

Rumpon tersebut ada yang sudah lama dipasang oleh nelayan, dan ada pula yang baru dipasang setelah mendengar adanya pemasangan pipa gas yang dimulai dari Kabupaten Pasuruan ke titik platform.

Menurut Wakil Bupati Sampang, Fadilah Budiono, rumpon tersebut ada yang memang sengaja dipasang setelah ada rencana pemasang pipa. Rumpon yang baru itu nanti akan dibersihkan dan pemiliknya akan diberi uang partisipasi.

"Semua rumpon yang terkena dampak akan ada kompensasinya. Cuma nominalnya masih belum ada kesepakatan," kata Fadilah.

Humas HCML Hamim Tohari, menjelaskan, kemunculan rumpon tersebut meningkat sejak tiga bulan yang lalu. Awalnya sedikit, namun jumlahnya sekarang sudah 62 rumpon setelah dilakukan investigasi.

"Rumpon itu akan menyulitkan manuver kapal yang akan memasang pipa gas karena jumlahnya banyak dan tidak rasional karena jaraknya berdekatan," ungkap Hamim Tohari.

Keberadaan rumpon itu, imbuh Hamim, sangat membahayakan. Sebab jarak pemasangan rumpon harus lebih dari 500 meter dari titik platform. Namun nelayan ada yang memasangnya sampai jarak 200 meter sampai 500 meter.

Tiga hari ke depan, rumpon tersebut akan dibersihkan dan dipindahkan. Para nelayan sudah menyepakatinya dengan meminta kompensasi. Sebagai pihak pendatang di Kabupaten Sampang yang melakukan eksplorasi gas, HCML akan menghormati permintaan nelayan.
Sumber : www.timesindonesia.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply