Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » APMI; Pemuda Harus Berperan Aktif Mendukung Potensi Pariwisata



Pemuda Maritim - Selain sebagai energi pendorong pembangunan masyarakat, pariwisata juga memiliki banyak dampak positif bagi masyarakat yang dirasakan secara langsung. Sejalan dengan dinamika perkembangannya, pariwisata merambah dalam berbagai terminologi seperti, desa wisata dan pariwisata berkelanjutan, yang menjadi pendekatan pengembangan kepariwisataan yang berupaya untuk pembangunan pedesaan yang berkelanjutan dalam bidang pariwisata. 

Selaras dengan hal tersebut, Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) turut serta dalam kegiatan “Let’s Camp and Enjoy the Nature” yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Desa Indonesia (PSDI) bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi dan Pemerintah Kabupaten Kebumen pada 27-28 Agustus 2016. Kegiatan yang dibuka oleh Bapak Bupati Kebumen di desa Karang Duwur tersebut sukses melibatkan partisipasi pemuda dari berbagai daerah. 

Edi Sabara selaku Direktur PSDI menyampaikan, “Bahwa peserta ada yang datang dari Banda Aceh, Sulawesi Tenggara, Buton, Riau, Cilacap dan Jabodetabek.” 

“Melalui kegiatan ini diharapkan, desa Karang Duwur dapat menjadi Desa Wisata yang menjadi destinasi wisata turis mancanegara dengan mengedepankan adat, budaya serta kearifan lokal. Serta dapat menjadi opsi untuk kita bekerja tanpa kita berfikir harus menjadi TKI diluar negeri”, tambahnya. 

Koordinator Bidang Pengembangan Potensi Maritim APMI, Yeldi S Adel, yang jugu turut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa, Pemuda dalam hal ini perlu mengambil peran lebih dan selalu terdepan dalam Mendukung Potensi Pariwisata di Kabupaten Kebumen.
                       
"Masih Banyak Potensi Pariwisata Pesisir yang perlu dikembangkan, sehingga diperlukan sumber daya manusia serta didukung regulasi yang nantinya mendorong pertumbuhan Ekonomi di Kebumen," tambah Yeldi
                         
Sambung Yeldi, "Sebagai Organisasi Kepemudaan, yang bergerak di bidang Kemaritiman,  APMI siap membantu mempromosikan Potensi Pariwisata tak terkecuali Kabupaten Kebumen".

Kabupaten Kebumen sendiri memiliki Pantai Menganti yang begitu terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit,  ini tentu tak lepas dari peran masyarakat desa Karang Duwur yang begitu aktif melihat potensi wisata. 

Hal senada dituturkan oleh Asep Akmal selaku perwakilan APMI disela kegiatan, “Karang Duwur selain memiliki potensi wisata alam yang menjanjikan, hal penting lainnya adalah potensi masyarakatnya yang mau bergerak dan berinovasi. Hal ini terlihat dari semangat mereka dalam melakukan improvisasi terhadap fasilitas-fasilitas di lokasi wisata dengan menggunakan alat sederhana serta barang daur ulang."

Selain berbagai keunikan serta manfaat yang dirasakan langsung, berkembangnya pariwisata juga dapat membantu perekonomian masyarakat, khususnya nelayan setempat. (Septian)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply