Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Indonesia Pengguna Pertama Teknologi Pengawas Pencurian Ikan

Pemuda Maritim - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry meluncurkan teknologi Global Fishing Watch yang berguna meningkatkan pengawasan kawasan perairan dari pencurian ikan ilegal (IUU fishing).

Platform teknologi hasil kolaborasi antara Google, Oceana dan SkyTruth ini mendaulat Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang memberikan komitmen untuk berbagi data Sistem Pemantauan Kapal (VMS).

"Dengan teknologi seperti Global Fishing Watch ini, kita semua dapat menggerakkan swasta dan pemerintah di sektor perikanan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan," kata Susi seperti dilansir Antara, Jumat (16/9).

Dia menambahkan, kerjasama ini merupakan langkah penting bagi pemerintah Indonesia untuk mendorong kebijakan penegakan hukum secara global guna membebaskan perairan Indonesia dari praktik penangkapan ikan secara ilegal.

Dengan Global Fishing Watch ini, pihaknya bisa memeriksa data kapal-kapal perikanan yang beroperasi di 11 Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP), termasuk pergerakan kapal yang terekam VWS.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses data pergerakan kapal-kapal tersebut secara bebas dan kapan saja hanya dengan membuka situs www.globalfishingwatch.org.

"Saya percaya ini merupakan terobosan yang sangat dibutuhkan dunia untuk melawan IUU fishing. Semua orang harus bisa mengakses keberadaan ikan untuk dikonsumsi sebagai sumber kehidupan," imbuhnya.
Sumber : www.merdeka.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar: