Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Industri Rumput Laut Indonesia Lebih Unggul dari Negara Tetangga

Pemuda Maritim - President Seaplant.net Foundation Iain C Neish mengatakan Industri rumput laut Indonesia memiliki banyak keunggulan komparatif dibandingkan produksi sejumlah negara tetangga seperti Filipina.

"Keunggulan komparatif geografi Indonesia khususnya adalah lokasi yang ideal di khatulistiwa," kata Neish dikutip dari Antara, Minggu (25/9/2016).

Menurut Neish Indonesia tidak memiliki taifun seperti Filipina yang kerap didera badai taifun terutama di sebelah utara negara tersebut di tempat banyaknya lokasi pembudidayaan rumput laut.

"Taifun telah menghancurkan budidaya rumput laut Filipina beberapa kali," kata dia.

Dia menambahkan, bila supply dari Filipina tidak memadai maka rumput laut dari Indonesia siap memasok.

Selain itu, ujar dia, keunggulan lainnya Indonesia adalah populasi yang besar serta permasalahan politik yang minimal seperti gerakan pemberontakan yang kerap ada di Filipina selatan.

Sebagaimana diwartakan, ancaman delisting atau dikeluarkannya komoditas rumput laut Indonesia oleh pemerintah Amerika Serikat dinilai tidak akan terlalu banyak berpengaruh kepada ekspor.

"Ekspor rumput laut kita ke Amerika Serikat sedikit jadi tidak terlalu berpengaruh," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti beberapa waktu lalu.

Menteri Susi memaparkan, lebih dari 90 persen dari komoditas rumput laut Indonesia di ekspor ke Tiongkok.
Sumber : ekonomi.metrotvnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply