Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Memiliki 36.819 Nelayan, Pemrov Riau Komit Perhatikan Nasib Nelayan

Pemuda Maritim  - Berdasarkan data yang ada di Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, jumlah nelayan yang ada di Riau berjumlah 36.819 terutama tersebar di tujuh Kabupeten/Kota yang ada.

Terbanyak di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) 9.287, Rokan Hilir (Rohil) dengan 7.636 nelayan, Bengkalis 7.459 nelayan, Kampar 4.100 nelayan, Kepulauan Meranti 2.604 dan Kabupaten Pelalawan dengan berjumlah 1.996 nelayan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, Tien Mastina M.Si melalui Bagian Perikanan Tangkap Sabaruddin menjelaskan, pembinaan terhadap para nelayan terus dilakukan. Baik oleh Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangan dan tugas masing-masing.

"Ada aturan terhadap para nelayan ini, kalau tradisional hingga mencapai bobot kapal di bawah 5 GT, ini cukup terdaftar di Kabupaten/Kota masing-masing saja. Tapi kalau sudah di atas ukuran itu, harus mengurus atau memiliki SIUP", jelasnya sembari mengatakan dengan adanya ketentuan tersebut juga akan diketahui sejauh mana tingkat kesejahteraan para nelayan yang ada.

Disampaikan juga, dalam meningkatkan  kesejahteraan nelayan ada beberapa program dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. 

"Mereka itukan terdaftar dan ada kartu idenditinya selaku nelayan. Dari situ akan mendapatkan berbagai pembinaan yang diberikan. Seperti program sertifikat tanah, asuransi dan bentuk bantuan lain," sebutnya lagi sembari mengatakan kalau yang mndapatkan bantuan ini harus yang punaya kelompok nelayan dan terdaftar diKemebhumkam.

Saat disinggung mengenai upaya yang dilakukan dalam membantu nelayan mengingat melaut ditentukan oleh cuaca, dijelaskan, pihak Dinas Perikanan dan Kelautan terus mengembangkan budidaya ikan kerambah. Baik air laut maupun air tawar.

"Budi daya rterus dilakukan, baik kerambah maupun tambak udang. Seperti yang sudah dilakukan di Kabupaten Bengkalis, Selat Panjang," sebut seperti dilansir riausky.
Sumber : harianriau.co

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply