Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » Menteri KP, Susi; Kita Adalah Poros Maritim !

Susi Pudjiastuti memaparkan program KKP

Semarang- Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Ibu Susi Pujiastuti bersilaturrahmi dengan akademisi Universitas Diponegoro yang bertempat di International Convention Center, ICT Undip. Selain civitas academika Undip, pada acara tersebut  turut hadir pula Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo. Kedatangan Susi sekaligus untuk meninjau perkembangan Marine Science Techno Park (MSTP) di Marine Station, Teluk Awur Jepara. Dengan adanya MSTP ini diharapkan dapat semakin memantapkan langkah Undip sebagai portofolio Poros Maritim Indonesia.

Dalam pidatonya, Susi mengajak kita untuk mengingat kembali tentang Visi KKP yaitu Mewujudkan Sektor Perikanan dan Kelautan yang mandiri,maju,kuat dan berbasis kepentingan nasional yang diwujudkan dalam misi Kedaulatan,Keberlanjutan dan Kesejahteraan. Dalam hal ini Susi lebih mengedepankan bahasan mengenai illegal fishing.

“Kita adalah poros jadi harus bergerak. Illegal fishing adalah musuh kita bersama. Dan hubungan bilateral antar negara yang sehat juga sangat dibutuhkan untuk mendukung moratorium dan pelarangan transitment.” Terang Susi

Lebih lanjut lagi, Susi juga sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah Jokowi yang memberlakukan IUU Fishing. Dengan adanya kebijakan IUU fishing yang dilakukan secara otomatis dapat mengurangi eksploitasi SDA  sebesar  25-30%.

“Sejak tahun 2011, PDB perikanan tertinggi adalah tahun 2015 yaitu sebesar 8,37%. Dengan ekspor tuna terbesar no. 1 di Jepang dan ekspor cakalang no. 10 di dunia”.imbuh Susi

Beliau juga menegaskan bahwa pembangunan perikanan tidak hanya menjadi tugas KKP namun juga kementerian lain dan pemerintah daerah. Program prioritas KKP dinilai telah sejalan dengan Inpres 7/2016  tentang percepatan pembangunan industri perikanan nasional dan akan terus dilakukan akselerasi dalam pelaksanaannya. Dan beliau juga mengharapkan peran  Perguruan Tinggi untuk terus mendukung, mengawasi dan mengkritisi kebijakan-kebijakan Pemerintah tersebut. (Nuri)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply