Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Beralih Tanam Padi

Pemuda Maritim - Kondisi cuaca yang tidak bersahabat dan hasil tangkapan menurun drastis, membuat Nelayan di wilayah Kecamatan Ipuh, khususnya Desa Pulau Makmur mulai melakukan pengalihan pekerjaan dengan menanam padi tadah hujan.

“Rencananya usai lebaran Idul Adha ini. Mayoritas warga, termasuk nelayan akan menanam padi,” aku Kades Pulau Makmur, Ramli dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.

Khusus nelayan yang beralih menanam padi, kata Ramli, mayoritas menyewa lahan milik warga setempat dengan sistem bagi hasil. Karena nelayan di desa itu tidak punya lahan dan sulit untuk mencari pekerjaan lain.

“Mau tidak mau nelayan di desa kami memutar otak. Apapun yang dapat dihasilkan dan halal akan dikerjakan. Contohnya,  meskipun tidak ada lahan, nelayan berani menyewa lahan milik warga setempat dengan cara bagi hasil,” bebernya.

Ini juga merupakan salah satu kelemahan pemerintah yang belum memprogramkan pekerjaan sampingan bagi nelayan. Seperti diberikan bantuan ternak, budidaya ikan kolam dan lainnya. Padahal nelayan di desanya tersebut sangat mengharapkan perhatian pemerintah, terutama dengan harapan  diberikan pekerjaan sampingan. Sehingga ketika cuaca buruk seperti ini nelayan berhenti melaut dan ada pekerjaan lain.

“Karena tidak ada pekerjaan lain. Sebagian nelayan menyewa lahan milik warga dan ada juga yang hanya menunggu cuaca kembali bersahabat sembari memperbaiki peralatan melaut.  Dan ada juga yang tetap melaut, tetapi hasilnya dalam satu perahu hanya 10 hingga 20 kg. Jika cuaca bagus  bisa mendapatkan hasil diatas 100 kg/perahu sekali melaut,” ungkapnya.
Sumber : bengkuluekspress.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply