Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Bukit Batu Minta Perhatian

Pemuda Maritim - Potensi ekonomi laut Pantai Kecamatan Bukit Batu cukup menjanjikan, namun banyak nelayan belum optimal hasil tangkapan dan penyimpanannya.

Nelayan di Sungai Pakning umumnya mereka masih menggunakan cara dan peralatan yang sangat sederhana. Bila ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai, hasilnya pasti akan lebih meningkat.

Ketua Persatuan Nelayan Kecamatan Bukit Batu, Jaswir mengatakan, tangkapan ikan para nelayan di Pantai Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu sampai saat ini cukup bagus hasilnya meski masih menggunakan peralatan sederhana seperti pancing dan jaring.

"Kendati relatif sederhana cara yang mereka pergunakan, tetapi ikan hasil tangkapannya tersebut cukup bagus. Sebab bisa dilihat dari banyaknya ikan yang terdapat di Tempat Pelalangan Ikan (TPI) Desa Pakning Asal," kata Jaswir, Senin (5/9/16).

Namun Jaswir menyayangkan, kalau ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan tersebut saat ini tidak bisa bertahan lama karena belum tersedianya tempat penyimpanan ikan di TPI, sehingga tidak bisa dibawa ke luar daerah dengan jumlah yang banyak.

"Kita berharap pemerintah membangun pabrik es di kecamatan Bukit Batu ini untuk membantu mengawetkan ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan di TPI mudah-mudahan saja bisa terwujud," harapnya.

Jaswir menjelaskan, saat ini para nelayan masih menggunakan peralatan seadanya seperti perahu untuk menangkap ikan di laut pun didapat dari bantuan pemerintah pada waktu dulu termasuk pula dengan sarana dan prasarana yang ada di TPI yang dibantu Pertamina RU II Sungai Pakning.

"Semoga kedepannya, para nelayan bisa memiliki peralatan yang cukup layak untuk menangkap ikan dan keselamatan mereka selama berada di laut. Apalagi ikan-ikan di Pantai kita ini cukup menjanjikan," jelasnya. (d'ari)
Sumber : riaugreen.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply