Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » Perkuat Poros Maritim Indonesia, UNDIP Bangun ⁠⁠⁠Marine Science Techno Park

Kampus UNDIP Teluk Awur Jepara akan dirubah menjadi MSTP
doc. Suryono 

Semarang – Universitas Diponegoro segera mendirikan ”Marine Science Techno Park”, yang mana merupakan Unit Bisnis milik UNDIP, yang merupakan implementasi amanah dari Nawa Cita Nomor 6 dari  Presiden RI Joko WIdodo, yakni meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Salah satunya dengan "Membangun sejumlah Science dan Techno Park di daerah-daerah, politeknik dan SMK-SMK dengan prasana dan sarana dengan teknologi terkini". Tidak menutup kemungkinan di kemudian hari akan menjadi PT (Perseroan Tebatas) di bawah holding company Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) Universitas Diponegoro.

Marine Science and Technology Park (MSTP) saat ini diamanahkan kepada M. Putrawidjaja yang akrab disapa "Ciput". Beliau merupakan alumni kelautan UNDIP angkatan tahun 1988. Pengalaman beliau dalam bidang pemanfaatan sumberdaya alam kelauatan dan pesisir sudah melalang buana, pernah bergabung di WWF, Internasional Marinelife Alliance (IMA), dan terakhir  sebagai Konsultan bidang Lingkungan dan Kelautan, oleh karnannya UNDIP menunjuk Ciput sebagai Direktur MSTP.

Ciput menyampaikan fungsi utama MSTP adalah mengembangkan inovasi-inovasi teknologi terapan kelautan dan perikanan (Fungsi Riset), mendampingi inovasi-inovasi bisnis kelautan dan perikanan (Inkubator Bisnis), serta melayani sektor swasta dalam pengembangan inovasi-inovasi kelautan dan perikanan. Pada saat ini MSTP memfokuskan diri pada tiga bidang, yakni; Marikultur, Keamanan Pangan ( Food Safety) serta Wisata Bahari. Namun bidang-bidang lain, seperti Perikanan Tangkap, Pemanfaatan Hasil Laut Ikan dan Non Ikan, hingga Industri Perkapalan, tetap terbuka untuk dijajaki.

”Marine Science & Technology Park, dapat pula digunakan sebagai lokasi penelitian atau pengembangan usaha marikultur, keamanan pangan, dan wisata bahari. Serta membuka peluang bagi rekan-rekan alumni untuk bermitra usaha dalam memanfaatkan asset-asset UNDIP tersebut” ujar Ciput yang merupakan lulusan School of Marine Science and Technology, University of Newcastle upon Tyne, Inggris

Ciput yang juga sempat mengenyam pendidikan pascasarjana di Graduate School of Oceanography, University of Rhode island, Amerika Serikat ini juga menyampaikan bahwa investasi bisnis pun dimungkinkan untuk masuk ke MSTP. (HW)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply