Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » 97 Migran Asal Libia Hilang di Laut

Pemuda Maritim -Sekitar 97 migran yang melarikan diri lewat Libia telah hilang dan dikhawatirkan tewas setelah menaiki sebuah kapal penuh penumpang yang dihantam gelombang tinggi dan karam di Laut Mediterania. Seorang juru bicara Angkatan Laut (AL) di Tripoli, Ayoub Gassim, mengatakan seorang korban selamat melaporkan 126 orang berada di atas kapal yang berangkat dari Garabulli di barat laut Libia, hari Rabu (26/10).

Gassim mengatakan jumlah korban selamat dari kapal karam itu kurang dari 30 orang. Kapal itu tenggelam sejauh lebih dari 20 mil di laut internasional.

Libia merupakan titik keluar utama bagi warga Afrika yang ingin mencapai Eropa demi melarikan diri dari perang, rezim, dan kemiskinan. “Karena terlalu penuh, salah satu sisi perahu bocor dan air masuk ke dalam. Sekitar 97 migran ilegal masih hilang atau mereka mungkin tenggelam,” kata Gassim hari Kamis (27/10).

Tragedi itu terjadi bersamaan dengan pengumuman dari Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) bahwa total migran yang tewas akibat menyeberangi Laut Mediterania mencapai 3.771 orang sejak tahun 2015.

Untuk tahun 2016 saja, sekitar 3.930 orang dilaporkan tewas atau hilang di Laut Mediterania. “Tanpa upaya penyelamatan yang heroik, jumlahnya bisa lebih tinggi,” kata juru bicara UNHCR, William Spindler, kemarin.

Menurut Spindler, angka kematian tinggi meskipun jumlah orang yang menyeberang Laut Mediterania ke Eropa telah turun. Tahun 2015, lebih dari satu juta orang menyeberang Laut Mediterania, tapi tahun 2016, angkanya hanya sekitar 327.800 orang.

“Ini yang terburuk yang pernah saya lihat. Dari satu kematian setiap 269 kedatangan tahun lalu, pada 2016 kematian seperti ini menjadi satu dari 88 kedatangan,” kata Spindler.
Sumber : www.beritasatu.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply