Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Duterte Berharap Nelayan Filipina Boleh Memancing di LCS

Presiden Filipina Rodrigo Duterte berharap pemerintah China mengizinkan nelayan Filipina untuk kembali mencari ikan di kawasan Laut China Selatan, tepatnya di Scarborough Shoal. Sejak 2012 nelayan Filipina dilarang untuk memasuki kawasan sengketa itu oleh China.

Duterte mengatakan, masalah Scarborough Shoal turut dibahas ketika dia melakukan perjalanan empat hari ke China yang bertujuan membuka jalan bagi apa yang disebutnya aliansi komersial baru, ketika hubungan dengan sekutu lama Amerika Serikat memburuk.

"Mari kita tunggu beberapa hari lagi, mungkin kita bisa kembali ke Scarborough Shoal," kata Duterte dalam sebuah pidato di Tuguegarao City, di mana ia memberikan bantuan kepada korban topan.

Namun, ketika menyentuh mengenai apakah China akan membuka secara penuh di kawasan tersebut. Duterte mengatakan dia ragu bahwa China akan membuka secara penuh blokade, meskipun dalam pembicaraan di Beijing hal itu sempat terucap.

"Saya tidak yakin apakah mereka akan memenuhi (apa yang dibahas)," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Minggu (23/10).

Dua sumber Cina yang memiliki hubungan dengan Presiden XI Jin-ping pekan lalu mentatakan China akan mempertimbangkan memberikan nelayan Filipina akses bersyarat ke perairan yang disengketakan di Laut China Selatan setelah pertemuan antara presiden kedua negara. 
Sumber : sindonews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply