Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Hiu Ini Menerobos Kandang Fotografer Bawah Laut

Pemuda Maritim - Seorang fotografer bawah air secara mendadak didekati subjek fotonya, seekor hiu putih besar mencoba menerobos kandang penyelam. Insiden ini terjadi pada Rabu (13/10) di dekat pulau Guadalupe, Meksiko.

Sebenarnya penyelam sudah sering turun ke perairan penuh hiu, namun insiden mengejutkan seperti ini hanya terjadi beberapa kali selama setahun terakhir. Sebenarnya, fenomena ini dapat bermanfaat bagi hiu.

Berdasarkan video di atas, penyelam dan hiu berada dalam bahaya. Hiu sedang mengejar sepotong umpan ke kandang secara membabi buta. Ia menghancurkan kandang menjadi lubang besar dan menerobos keluar.

"Ketika saya mulai menyelam dengan hiu 30 tahun yang lalu, tak ada yang tertarik melihat hiu. Sekarang ada duta hiu di seluruh dunia. Mereka telah melakukan hal-hal baik untuk mengubah anggapan kebanyakan orang, bahwa hiu adalah penjahat berbahaya,” ungkap Skerry.

Fotografer bawah air, Brian Skerry berspekulasi mengapa hal ini dapat terjadi. Ia telah menyelam bersama dengan hiu selama beberapa dekade. Skerry berpikir bahwa umpan memiliki peran penting. Sebelumnya, awak kapal melemparkan tali dengan tuna sebagai umpan ke dalam air. Ini untuk memikat hiu lebih dekat.

"Jika Anda memberikan umpan berulang kali dan kandang memiliki bukaan besar, hiu akan mengikutinya dan pada menit terakhir membuka mulutnya, lalu menutup matanya, dan akhirnya menuju ke kandang," jelas Skerry.

Menurut Skerry, beruntung penyelam (fotografer) tidak dalam bahaya besar. Jika ia tetap berada di dalam kandang, maka bisa saja ia terhempas dan terluka oleh ikan seberat 900 kilogram itu.

Videografer, Brian Ernst, mengatakan ia dan kru khawatir atas keselamatan penyelam.

"Hiu itu berusaha untuk keluar dari kandang dan marah. Kami berpikir mungkin akan melihat seseorang mati. Untungnya kru berpikir cepat dengan membuka bagian atas kandang. Beberapa detik kemudian, kami melihat hiu putih besar menerobos kandang,” papar Ernst mengingat kejadian menegangkan itu.

Menurut Skerry, Hiu itu pun kemungkinan tidak terluka, namun memang sulit menyimpulkannya hanya dari video. Darah mungkin berasal dari umpan, atau ia mengalami gigi retak dan cedera kecil lainnya.

Mengapa peristiwa ini pertanda hal baik ?

Peristiwa kecelakaan kandang hiu memang terjadi lebih umum, mengingat popularitas aktivitas menyelam bersama hiu telah meningkat.

"Ketika saya mulai menyelam dengan hiu 30 tahun yang lalu, tak ada yang tertarik melihat mereka. Sekarang ada duta hiu di seluruh dunia. Mereka telah melakukan hal-hal baik untuk mengubah anggapan kebanyakan orang, bahwa hiu adalah penjahat berbahaya,” ungkap Skerry.

Pengalaman Ernst kali ini membuatnya memahami sifat lembut dari hiu,"Hiu benar-benar mengagumkan. Mereka tidak mencoba masuk ke kandang, mereka hanya mengejar umpan. Mereka tidak mencoba menyerang manusia." kata Ernst.
Sumber : nationalgeographic.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply