Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Kaya Akan Laut, Hawaii Punya Monumen Laut Terbesar

Pemuda Maritim - Hawaii di Amerika Serikat terkenal dengan keindahan lautnya. Tak sampai di situ, ternyata monumen laut terbesar juga berada di laut Hawaii!

Seperti yang dilansir dari situs resminya , Senin (10/9/2016) monumen laut ini memiliki nama yang unik yaitu Papahanaumokuakea. Letak monumen ini di sebelah barat laut Pulau Hawaii.

Papahanaumokuakea berada 2.100 km dari Hawaii. Daerah ini 2 kali lebih luas dari pada Texas.

Sebagai monumen laut terbesar, Papahanaumokuakea memiliki beberapa terumbu karang cincin (atol) di sekelilingnya. Hal ini lah yang menjadikan Papahanaumokuakea kaya akan keanekaragaman biota laut.

Kawasan ini bukan hanya menjadi yang terbesar tapi juga habitat bagi spesies langka seperti Black Coral. Black coral yang hidup di perairan ini umurnya sudah mencapai 4.500 tahun.

Terumbu karang yang menjadi rumah bagi para biota laut (James Watt/Papahanaumokuakea)Terumbu karang yang menjadi rumah bagi para biota laut (James Watt/Papahanaumokuakea)

Ada juga Casper, hewan yang dijuluki hantu ini masih terus dipelajari oleh para peneliti. Bukan hanya itu, Papahanaumokuakea juga memiliki penyu, manta, hiu Galapagos dan anjing laut. Lengkap!

Keanekaragaman hayati Papahanaumokuakea tidak berhenti sampai disitu. Di dalam perairan ini masih banyak kekayaan laut yang bahkan belum teridentifikasi.

Kawasan ini masih dalam keadaan steril. Pemerintah setempat mengupayakan agar kekayaan alam ini tidak dirusak oleh manusia. Pada September lalu, Presiden AS Barack Obama mengunjungi tempat ini dan memberikan dukungannya untuk kawasan konservasi ini lho!

Kawasan ini belum dibuka untuk umum 100 persen. Traveler yang ingin berkunjung harus mengisi beberapa dokumen perijinan dari pemerintah setempat. Tapi jika yang ingin mengenal kawasan ini traveler bisa menikmati kunjungan virtual yang disediakan oleh situs resminya.
Sumber : detik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply