Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » KKP Beri Pinjaman Nelayan Beli Pengganti Cantrang

Pemuda Maritim - Mengatasi larangan itu, KKP memberikan kemudahan kredit perbankan bagi nelayan yang ingin membeli alat tangkap baru pengganti cantrang. Pemberian modal pinjaman lunak kepada nelayan diharapkan dapat mengganti alat tangkap yang tidak ramah lingkungan tersebut. KKP menggandeng PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk pemodalan.

Menurut Susi, penolakan nelayan atas larangan penggunaan cantrang tidak lepas dari keterbatasan modal untuk mengganti alat tangkap ikan. Sebab itu, dia mengimbau nelayan untuk memanfaatkan kesempatan pinjaman kredit. Untuk mendapatkan kredit lunak, KKP membuka posko pelayanan di kantor pusat yang buka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Jumlah pinjaman yang akan diberikan kepada nelayan juga cukup besar.

"Kita pertemukan dengan perbankan yang mau memberikan kredit senilai minimal Rp 200 juta, sampai kecukupan kebutuhannya berapa," kata Susi saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis (6/10).

Selain pemberian kredit, KKP dengan perbankan bersepakat untuk merestrukturisasi utang nelayan yang telah jatuh tempo. Kemudahan ini diberikan untuk mendorong nelayan dapat melakukan peminjaman kembali.

"Kalau yang punya utang lama, perbankan akan merestrukturisasi sampai dua tahun dan diberi utang baru," beber Susi.

Kebijakan lain, KKP juga membebaskan izin kapal bagi nelayan yang memiliki kapal berukuran di bawah 10 GT. Meski sebelumnya KKP telah mengeluarkan surat edaran kepada pemerintah daerah untuk menghilangkan izin bagi nelayan yang melaut dengan menggunakan kapal di bawah 10 GT.

"Jadi untuk kapal yang di bawah 10 GT, presiden akan siapkan perpres atau inpres untuk tidak lagi diharuskan membuat izin," demikian Susi.
Sumber : nusantara.rmol.co

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply