Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Malaysia Tawarkan Investasi Laut Aceh

Pemuda Maritim - Perusahaan asal Malaysia, Infrakomas Group, menggelar pertemuan dengan Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah dan para pejabat Pemerintah Aceh di Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh, Minggu (16/10). Dalam pertemuan itu, pihak Infrakomas menawarkan investasi untuk menggarap potensi energi laut (Ocean Thermal Energy) Aceh.

Pihak Infrakomas memaparkan bahwa Aceh memiliki dua daerah yang sangat berpotensi untuk dikembangkan Ocean Thermal Energy, yaitu Sabang dan Simeulue. Sebab, untuk proyek energi laut tersebut dibutuhkan laut dengan kedalaman 1.000 meter. Di Aceh hanya dua daerah tersebut yang memiliki kedalaman seperti itu.

“Kita telah membuat kajian, bahwa ocean thermal energy sangat cocok untuk dikembangkan di Aceh, kedudukannya juga sangat strategis,” ujar Dr Lukman Ibrahim dari Infrakomas Group Malaysia.

Secara umum, pihak Infrakomas menawarkan dua investasi yaitu pemanfaatan air dasar laut yang bermineral tinggi, yang disebutkan hanya ada di Sabang. Serta pemanfaatan potensi panas laut yang dapat dikembangkan untuk energy listrik. Untuk merealisasikan proyek itu, pihak Infrakomas bekerjasama dengan University Teknologi Malaysia.

Lukman melanjutkan, jika investasi pada power generation and supply of health drink dan ocean thermal energy tersebut berhasil dikembangkan di Sabang, maka masyarakat dan Pemerintah Aceh akan memperoleh dua keuntungan sekaligus, yaitu energi dan air bersih.

“Perlu diketahui bahwa mineral laut dalam lebih baik daripada mineral lain, bila dibandingkan dengan mineral darat cepat tercemar, tentunya akan memunculkan banyak benefit buat daerah dan nasional,” tandas Dr Lukman. Dari Pemerintah Aceh, selain Gubernur, turut hadir dalam pertemuan ini Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh, Kepala Distamben, Kepala Biro Ekonomi dan Kepala Biro Humas Setda Aceh, pihak Kampus Unsyiah, serta Penasihat Gubernur Aceh Bidang Tatakelola Pemerintah dan Pembangunan.

Pada kesempatan itu, Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, menyampaikan, rencana investasi yang ditawarkan oleh pihak Infrakomas sangat sesuai dengan program nasional dicanangkan Presiden Joko Widodo, yaitu membangun 35 ribu MW energy terbarukan di Indonesia.

Menurutnya, pengembangan listrik tenaga air laut dan pengolahan air minum yang akan dikembangkan di Sabang itu akan sangat bermanfaat bagi Aceh.

“Jika proyek ini berhasil dikembangkan di Sabang, maka menjadi yang pertama di Indonesia. Sekarang kita tunggu komitmen mereka, dan saya minta semua persyaratan dipenuhi, agar kita segera mempersiapkan MoU supaya proyek ini segera direalisasi,” ujar Gubernur. 
Sumber :  tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply