Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Terima Bantuan Alat Tangkap

Ratusan nelayan tradisional di Kabupaten Aceh Singkil menerima bantuan alat tangkap ikan, Jumat (21/10). Bantuan tersebut berupa sampan fiber, sampan kayu, jaring udang, fiber ikan dan pembangkit listrik sinar matahari (solar cell) yang akan dipasang di kapal boat nelayan.

Penyerahan bantuan dilakukan Bupati Aceh Singkil Safriadi di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Anak Laut, Singkil Utara. “Bantuan ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan,” kata Safriadi.

Menurut bupati apabila bantuan tersebut dapat dimanfaatkan nelayan dengan baik dipastikan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan. “Saya menargetkan bantuan ini tepat sasaran, tepat guna. Saya minta Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan penelitian lebih lanjut, agar bisa melakukan evaluasi karena saya tidak mau ada bantuan mubazir,” ujarnya.

Dirincikan bantuan yang diberikan sampan fiber 85 unit untuk kelompok nelayan laut dan 20 unit untuk kelompok nelayan sungai. Kemudian perahu kayu 90 unit, solar cell diberikan pada 94 orang nelayan dan jaring udang sebanyak 80 set serta fiber ikan 195 unit.

“Bantuan sampan fiber dalam bentuk kelompok, sedangkan jaring udang dan fiber serta solar cell merupakan bantuan per orangan. Kami juga memberikan bantuan GPS,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Singkil Ismed Taufiq.

Selain alat tangkap, dalam kesempatan yang sama dilakukan penyaluran bibit bantuan ikan nila sebanyak 130.000 ekor dan benih lele 100.000 ekor. “Benih ikan nila dan lele diperuntukan bagi warga yang melakukan budidaya ikan air tawar,” kata Ismed.

Ismed mengingat agar penerima bantuan tidak memperjual belikannya. Bila ada yang melanggar komitmen, maka pihaknya akan menjatuhkan sanksi tegas. “Seperti tidak akan lagi mendapat bantuan sampai yang diperjualbelikan bisa dikembalikannya,” ujarnya.
Sumber :  tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply