Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » » Pemerintah Kendal Normalisasikan Sungai, Tambatan dan Dok Kapal Nelayan Rusak

Lokasi; Gempolsewu Kec Rowosari, Kendal

Pemuda Maritim - Bencana banjir masih mewarnai Kabupaten Kendal di kala musim penghujan datang. Untuk itu, kalangan dewan meminta pemkab setempat lebih gencar melakukan normalisasi sungai. Namun ternyata normalisasi sungai yang tengah dilakukan memiliki dampak tersendiri bagi pesisir di Kabupaten Kendal. Salah satunya adalah dok kapal nelayan di daerah tersebut.

Dok ataupun galangan kapal merupakan tempat yang dirancang untuk membuat dan memperbaiki kapal sekaligus tepat yang vital bagi masyarakat nelayan. Namun seiring dengan dilaksanakannya kebijakan normalisasi sungai di wilayah Kabupaten Kendal, memiliki dampak tersendiri bagi nelayan di daerah tersebut. Dok kapal mengalami dampak secara langsung akibat kebijakan ini dimana dok mengalami kerusakan hingga 30%.

“Dok itu adalah satu-satunya yang bisa di manfaatkan oleh para nelayan untuk perbaikan kapal mereka. Pengaruh nya memang untuk pendalaman dasar sungai. Tapi seharusnya ada kompensasi untuk masalah dok dan tambatan kapal yang banyak mengalami kerusakan. 30%.” Ujar pak Sugeng yang merupakan nelayan berusia 41 tahun.

Namun dalam hal ini, Pak Sugeng yang juga insiator koperasi nelayan di Kendal ini telah melakukan langkah-langkah advokasi kepada pemangku kebijakan dengan cara koordinasi dengan kepala desa dan DKP. Tapi dalam hal ini, masih mengalami kebuntuan. Tanpa menyurutkan semangat, langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah mengirimkan surat kepada Bupati terkait dok juga tambatan kapal untukantisipasi ketika banjir.

Tentunya besar harapan nelayan di Kendal kepada Pemerintah untuk bersedia membantu memperbaiki  dan mengembalikan fungsi dok kapal itu kembali. Karena bagaimanapun, dok kapal merupakan hal yang dibutuhkan oleh nelayan dimanapun berada. (Hikari)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply